YPKM  dan KASOGI Serahkan 5 Unit Rumah Layak Huni di Desa Teas dan Oeekam

Berita107 Dilihat

Ket. Foto : nampak ketua YPKM, Sandy Rupidara sedang menyerahkan kunci secara simbolis kepada pemerintah desa

Laporan Reporter SUARA TTS. COM, Dion Kota.

SUARA TTS. COM | SOE – Yayasan Pelita Kehidupan Masyarakat (YPKM) dan Komunitas Soe Berbagi (Kasogi) Sabtu 22 Juli 2023 menyerahkan 5 unit rumah bantuan layak huni kepada penerima manfaat di Desa Teas dan desa Oeekam Kecamatan Noebeba. Rumah bantuan tersebut dikerjakan secara gotong-royong oleh masyarakat, sedang YPKM dan Kasogi menyediakan material bantuan.

Acara penyerahan kunci rumah kepada kelima kepala keluarga penerima manfaat ini di hadiri oleh aparat desa, tokoh agama setempat dan masyarakat sekitar.

Secara simbolis, Ketua YPKM, Sandy Rupidara menyerahkan kunci rumah tersebut kepada Kepala Desa Teas, dan Kepala Desa Oe’ekam untuk selanjutnya diserahkan kepada para penerima manfaat.

Sandy mengatakan, YPKM dan KASOGI mengambil bagian sebagai mitra pemerintah untuk menekan angka kemiskinan extrim di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Untuk mempercepat penanganan kemiskinan ekstrim, maka dibutuhkan kerja-kerja kaloborasi yang melibatkan semua sektor termaksud Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM).

“ Kehadiran kita (YPKM dan Kasogi) selain untuk membantu masyarakat tidak mampu agar memiliki rumah yang layak huni dan sehat, tetapi juga untuk membantu pemerintah daerah dalam menekan angka kemiskinan ekstrim. Kedepan, kita berharap bisa membantu kerja kolaborasi dengan pemrintah daerah, atau pemrintah desa dalam menekan angka kemiskinan ekstrim. Hal ini penting untuk menghilangkan stigma atau pandangan tentang Kabupaten ini yang melekat dengan stigma kemiskinan,” ungkap Sandy

YPKM dan KASOGI lanjut Sandy, bukan Sinterklas atau lembaga yang berlimpah uang sehingga bisa menolong semua orang. YPKM dan Kasogi hanya alat yang di pakai Tuhan untuk jawaban dari berbagai doa pergumulan warga tidak mampu yang bermimpi memiliki rumah yang layak dan sehat.

“ Kita tidak bisa “menyentuh” semua orang miskin di daerah ini. Kita hanya bisa “menyentuh” sebagian kecil saja,” ujarnya.

Terpisah Kepala Desa Teas, Yohanis Nabuasa menyampaikan terimah kasih kepada YPKM dan Kasogi yang sudah membatu warganya untuk memiliki rumah yang sehat dan layak huni.

Selain menolong warga tidak mampu, apa yang dilakukan YPKM dan Kasogi juga membantu pemrintah desa dalam mengurangi jumlah rumah tak layak huni di desa.

“ Terima kasih untuk sentuhan dari YPKM dan Kasogi. Bantuan ini sangat bermanfaat untuk penerima manfaat dan juga membantu pemerintah desa,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Teas, Yeskial Sabat. Bantuan 4 unit rumah layak huni di desa tersebut sangat bermanfaat untuk penerima manfaat dan pemerintah desa.

”Selaku pemerintah desa dan mewakili masyarat desa Teas kami menyampaikan terima kasih kepada YPKM dan KASOGI. Kami berharap kedepan ada kerja sama untuk program rumah layak huni lainnya di desa ini,” pintanya. (DK)

Editor : Erik Sanu 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *