oleh

Waduh, Silpa Dana Desa di TTS Capai 101 Miliar

Ket. Foto: Kadis PMD Kabupaten TTS, Nikson Nomleni.

Laporan Reporter SUARA TTS.COM

SUARA TTS.COM | SOE –Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) dana desa tahun 2021 di Kabupaten TTS mencapai 101 Miliar. Nilai yang tentunya tak sedikit untuk Kabupaten yang identik dengan kemiskinan ini.

Apalagi, Pemda TTS selalu beralasan tak ada anggaran atau anggaran terbatas, namun ternyata ada Silpa dana desa yang nilainya mencapai 101 Miliar.

 

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kadis PMD) Kabupaten TTS, Nikson Nomleni membenarkan jika Silpa dana desa mencapai 101 miliar. Silpa tersebut menurutnya, disebabkan karena dua hal, pertama karena keterlambatan pencairan dana desa dan juga karena pemerintah desa lebih sering menaruh kegiatan fisik di triwulan III.

” Iya, tahun ini Silpa dana desa mencapai 101 miliar. Bahkan ada desa yang Silpanya mencapai 500 juta,” ungkap Nikson kepada SUARA TTS. COM, Selasa 22 Maret 2022.

Ketika ditanya apakah ada sangksi untuk kepala desa yang Silpanya besar, Nikson mengaku, tidak ada. Pasalnya pengelolaan dana desa bersifat otonom.

Untuk bisa memanfaatkan dana Silpa tersebut, maka pemerintah desa harus membuat musyawarah desa guna menganggarkan kembali dana Silpa tersebut.

” Silpa tersebut bisa tetap digunakan tapi harus digelar musyarawah desa terlebih dahulu,” jelasnya.

Ketua Komisi 1 DPRD TTS, Uksam Selan mengaku prihatin dengan tingginya Silpa dana desa. Dalam waktu dekat Komisi 1 akan menggelar rapat bersama dengan Dinas PMD guna membahas hal tersebut.

” Waduh kok bisa besar begitu Silpanya. Kita akan panggil Dinas PMD untuk mempertanyakan hal ini,” terangnya.

Tingginya Silpa Dana Desa membuat Uksam bertanya-tanya akan kinerja Dinas PMD, pendamping desa, camat dan juga para kepala desa.

Rendahnya realisasi dana desa sangat merugikan masyarakat. Pasalnya dana desa diperuntukkan untuk membangun desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa. ” Kasihan masyarakat yang dirugikan kalau seperti ini,” pungkasnya. (DK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.