oleh

Usai Juara API Award ,Pemda TTS Diminta Serius Bangun Fatumnasi.

-Berita-246 Dilihat

Ket Foto : Religius Usfunan, SH

Laporan Reporter SUARA TTS .COM

Suara TTS .com | Soe – Setelah pengumuman Anugrah Pesona Indonesia ( API) Award 2021 Pemda TTS diminta serius bangun infrastruktur di tempat wisata Fatumnasi.

Hal ini Wakil ketua I DPRD TTS, Religius Usfunan,SH kepada Suara TTS.com di ruang kerjanya Kamis 9 Desember 2021.

Ketua DPC PKB TTS mengungkapkan rasa bangganya karna Fatumnasi meraih juara 1 dalam ajang API award tahun 2021 kategori surga tersembunyi.

Dirinya mengungkapkan trimakasih untuk relawan dan masyarakat atas kerja keras dan partisipasi sehingga bisa menang dalam ajak tersebut.

“Kita bangga dengan prestasi ini, trimakasih untuk kerja keras relawan dan juga partisipasi masyarakat dalam hasil yang bagus ini”,ujar Egy.

Namun demikian, kemenangan ini bukanlah akhir namun merupakan langkah awal untuk memulai di wilayah Fatumnasi.

Dikatakan menjadi tanggungjawab besar dan pemerintah serius membangun Fatumnasi untuk membuktikan bahwasanya Fatumnasi memang layak mendapat perhargaan.

Yang harus dilakukan lanjut Egy, Pemda perlu bangun infrastruktur, menyediakan fasilitas pelayanan terhadap kunjungan lokal, pembangunan WC sehat, tempat sampah, penginapan dan pelatihan pembuatan bangun pangan lokal yang tentu ada dampak ekonomi bagi masyarakat.

Pemda diminta jangan berpuas diri dan diam namun mulai berpikir tentang konsep pembangunan wisata di Fatumnasi.

DPRD sendiri tetap mendukung pemerintah dan ini terbukti DPRD menyiapkan sejumlah 930 juta diluar perencanaan di DPA.

Dana tersebut untuk penyediaan meubeler di Vila, pembuatan video Wisata, pengembangan budaya lokal ,pelatihan pembuatan cendramata dan lainnya.

“Tahun ini memang dananya kecil karena kita sedang konsentrasi untuk pemulihan ekonomi berkaitan dengan Pandemi covid 19″,ujar Egy.

Namun sebenarnya kata Egy, banyak anggaran misalnya dari KPDT sehingga tidak hanya bergantung pada Sekarang bagaimana Pemda bisa membangun komunikasi dengan baik.

Sebelumnya, Kadis Pariwisata Kabupaten TTS, Roby Selan mengatakan, pihak akan membentuk kelompok sadar wisata di daerah Fatumnasi.

Selain itu pihaknya akan melakukan kolaborasi lintas sektor untuk melatih masyarakat setempat dalam membentuk kelompok UKM yang menjual aneka olahan pangan lokal di daerah Fatumnasi.

” Pasca pengumuman juara ini kita melakukan penguatan kepada masyarakat sekitar obyek wisata Fatumnasi dengan membentuk kelompok sadar wisata dan juga melakukan pelatihan guna membentuk UKM,” papar Roby.

Terkait penginapan di Fatumnasi sendiri, Roby mengaku, pihaknya akan melakukan pemaksimalan cottage penginapan yang sudah dibangun oleh pemerintah Propinsi NTT. Selian itu, pihaknya akan melibatkan pihak ketiga dalam manajemen pengelolaan cottage tersebut. Sedangkan untuk membangun MCK di Fatumnasi, pihaknya masih terkendala status lahan yang merupakan daerah Cagar Alam Mutis Timau. Sementara untuk MCK mobile, pihaknya terkendala listrik.

” Kita akan membangun kerjasama dengan Pemprov NTT dalam mengoptimalkan cottage yang ada di lokasi Fatumnasi,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ikon wisata Kabupaten TTS, Fatumnasi sukses meraih juara pertama kategori surga tersembunyi dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2021 yang diumumkan 30 November 2021 malam. Fatumnasi berhasil keluar sebagai juara usai mengalahkan 9 pesaingnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.