oleh

Tiga Desa di TTS Alami Kekeringan

-Berita-146 Dilihat

Ket. Foto: Nampak mobil tangki air milik BPBD Kabupaten TTS sedang mendistribusikan air bersih ke desa yang mengalami bencana kekeringan.

 

Laporan Reporter SUARA TTS. Com

 

SUARA TTS | SOE – Tiga desa di Kabupaten TTS terkena bencana kekeringan.

Hal ini terjadi akibat dari penurunan debit air pada sumber-sumber air permukaan.

” Ada laporan dari tiga desa yaitu, Desa Bena Kecamatan Amanuban Selatan, Niki-Niki Un, kecamatan Oenino dan Desa To’manat Kecamatan Mollo Utara mengalami kekeringan akibat debit air permukaan turun,” ungkap KTU Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten TTS, Yusuf Alle kepada SUARA TTS.COM, Kamis 14 Oktober 2021.

Usai mendapat laporan lanjut Yusuf, pihaknya turun ke desa guna melakukan verifikasi lapangan. Usai memastikan jika masyarakat mengalami kekurangan air bersih, BPBD melakukan pendistribusian air bersih sebagai bentuk penanganan darurat.

” Sejak hari Selasa kemarin kita lakukan pendistribusian air bersih ke tiga desa yang mengalami bencana kekeringan,” terang Yusuf.

Puncak musim kemarau sendiri dikatakan Yusuf, diperkirakan akan terjadi pada awal November hingga pertengahan November mendatang.

” Kita perkirakan akan terjadi penambahan desa yang mengalami bencana kekeringan mengingat puncak musim kemarau diprakirakan akan terjadi pada awal hingga pertengahan November mendatang,” terangnya.

Untuk diketahui, BPBD Kabupaten TTS hanya memiliki satu unit mobil tangki air. Oleh sebab itu, BPBD melakukan koordinasi dengan OPD lainnya untuk membantu proses pendistribusian air bersih.

” Armada kita kurang. Makanya kita lakukan koordinasi dengan PDAM, PRKP dan Dinas Perhubungan untuk membantu proses pendistribusian air bersih,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, PLT Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten TTS, Yeri Nakamnanu mengatakan, berdasarkan kajian resiko bencana, 69 desa di kabupaten TTS masuk zona merah bencana kekeringan. Namun hingga saat ini, pihaknya belum menerima laporan bencana kekeringan.

” Bencana kekeringan ini menjadi langganan kita di TTS. Tiap tahun pasti ada desa yang mengalami kekeringan. Namun untuk Tahun ini, kita belum menerima laporan bencana kekeringan dari pemerintah desa,” sebut Yeri. (DK)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.