oleh

Tak Masuk DPT Pilkades Supul, Puluhan Warga Protes 

-Berita, Politik-244 Dilihat

Ket. Foto:Nampak warga supul sedang mengajukan protes karena tidak masuk dalam DPT

Laporan Reporter SUARA TTS .Com

 

SUARA TTS .COM | SOE – Puluhan warga Desa Supul melakukan protes di tengah proses pemungutan suara, Rabu 1 Desember 2021.

Warga protes lantaran nama mereka tidak masuk dalam DPT sehingga tidak bisa menggunakan hak suara.

“Bagaimana kami warga supul, selama ini ada di Supul tapi nama tidak masuk DPT. Ini panitia kerja bagaimana dalam pendataan pemilih,” Keluh salah seorang warga supul yang tidak masuk dalam DPT.

Nikodemus Faot juga mengeluhkan hal yang sama. Dirinya mempertanyakan kinerja panitia dimana ada warga yang masih hidup tapi namanya tidak terdaftar dalam DPT, sedangkan warga yang sudah meninggal justru namanya masuk DPT.

” Ini panitia kerja bagaimana, orang masih hidup nama tidak masuk DPT, orang sudah mati tapi nama masuk DPT,” protes Nikodemus.

Wakil ketua BPD, Rosalina Betty mengusulkan agar warga yang tidak masuk DPT harus tetap bisa menggunakan hak suaranya. Pasalnya, warga yang tidak masuk DPT berjumlah ratusan orang dan memiliki KTP asli Supul.

” Ini mereka (warga tidak masuk DPT) merupakan warga asli Supul, mereka punya hak suara sehingga mereka harus menggunakan hak suaranya,” ujar Rosalina.

Panitia Pilkades, Tonci Betty meminta maaf kepada warga Supul yang tidak masuk DPT. Dirinya mengaku, dalam bekerja panitia Pilkades diburu waktu dan terus didesak dari atas. Ia juga mengaku data pemilih yang digunakan merupakan data dari tahun 2019. Selain itu, panitia kesulitan anggaran dalam bekerja karena H-2 baru honornya dibayar.

” Kami mohon maaf atas kekurangan kami. Kami memohon maaf atas kekurangan itu,” tutur Tonci.

Kajari TTS, Andarias D’Orney,SH, MH dan Kepala BKPP Kabupaten TTS, Musa Benu yang ikut memantau jalannya Pilkades Supul memberikan jalan keluar untuk menyelesaikan solusi tersebut.

Untuk pemilih yang tidak masuk dalam DPT tetap menggunakan hak suaranya setelah pemilih yang masuk DPT menggunakan hak suaranya.

” Nanti mereka yang tidak masuk DPT tetap menggunakan hak suaranya, tapi setelah yang masuk DPT menggunakan hak suaranya. Nanti disesuaikan dengan surar suara yang tersedia,” saran Andarias. (DK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.