SWK Kodim Soe Berikan Pelatihan Krida Navigasi Darat Bagi Pelajar Di TTS.

Berita, Info TNI321 Dilihat

Ket Foto : Nampak suasana pelatihan Krida Nafigasi Darat

Laporan Reporter SUARA TTS.COM,Erik Sanu.

SUARA TTS.COM | SOE – Satuan Saka Wira Kartika (SWK) Kodim 1621/TTS menggelar latihan rutin dengan materi Krida Navigasi Darat. Kegiatan dipimpin oleh Serma Yopiter A Tefi ,bersama dua rekannya yaitu Praka Samsul Mardani dan Ahmad Jumadi selaku Instruktur.

Kegiatan tersebut bertempat di Lapangan hitam Makodim 1621/TTS , Sabtu (04/02/2023),dengan peserta siswa siswi Pramuka SMA/SMK/MA Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Serma Yopiter Tefi pada kesempatan tersebut mengatakan Saka Wira Kartika merupakan wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.

Menurutnya, untuk membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan, Krida Navigasi Darat terdiri atas empat Syarat Kecakapan Khusus (SKK) yaitu SKK Pengetahuan Peta dan Medan, SKK Kompas Siang dan Malam, SKK Pengetahuan Resection dan Intersection, dan SKK Pengetahuan Global Position System (GPS). Empat Syarat Kecakapan Khusus (SKK) ini wajib dikuasai oleh Krida Navigasi Darat, sehingga perlu diadakan latihan rutin secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut

“Kegiatan ini bertujuan untuk menempa dan mengasah kemampuan para anggota sehingga dapat diterapkan dilapangan sewaktu-waktu jika dibutuhkan”, pungkasnya.

Praka Ahmad Jumadi, salah satu pembina mengatakan,untuk menyiapkan para pelajar yang memiliki semangat juang yang tinggi dan tangguh , Kodim 1621/TTS turut bertanggung jawab dengan melalui Satuan Saka Wira Kartika agar para pelajar mempunyai pemikiran dan tingkah laku yang positif.

Salah satu peserta Siswa Pramuka ,Marselino Nesimnasi menyampaikan kegiatan Pramuka yang sangat erat dengan kegiatan di alam bebas sehingga pengetahuan peserta mengenai pengenalan penguasaan medan pun selayaknya dimiliki.

“Apa yang saat ini kita pelajari setidaknya mampu menjadi solusi saat menghadapi kendala di lapangan pada aplikasi kegiatan sesungguhnya,ā€¯ujarnya.

**Sumber Pendim 1621/TTS**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *