oleh

Sempat Tertinggal 0-1, Indonesia Mampu Hajar Malaysia 4-1

Ket Foto. Nampak Salah satu pemain Indonesia, Irfan Jaya meluapkan kegembiraan usai cetak gol.

Laporan Reporter SUARA TTS .Com

SUARA TTS .COM | SOE – Timnas Indonesia bermain luar biasa saat menghadapi Timnas Malaysia di pertandingan terakhir Group B Piala AFF, Minggu 19 Desember 2021.

Sempat tertinggal 0-1, Timnas Indonesia mampu membalikkan keadaan dan menang telak 4-1 dari sang musuh bebuyutan, Malaysia.

Kemenangan tersebut memastikan pasukan Shin Tae Yong maju ke babak semifinal menghadapi Timnas Singapura. Sementara langkah Malaysia harus terhenti di face group Piala AFF Tahun 2021.

Timnas Indonesia sempat tertinggal dahulu di menit ke-13 lewat gol indah dari Kogileswaran. Sepakan keras Raj dari luar kotak pinalti yang mengarah ke pojok kiri gawang Timnas Indonesia gagal diantisipasi kiper.

Tertinggal 0-1 tak membuat pasukan Garuda Muda panik. Mengandalkan umpan pendek satu dua dari kaki ke kaki, pasukan Shin Tae Yong mampu menyamakan kedudukan di menit ke-36 lewat aksi Irfan Jaya.

Sepakan Irfan dari dalam kotak Pinalti tak mampu dihalau kiper Malaysia.
Tujuh menit berselang, tepatnya di menit ke-43 Timnas Indonesia mampu unggul lewat gol ke dua Irfan Jaya.

Irfan yang berdiri tanpa pengawalan berhasil menyambar bola di mulut gawang Malaysia dan membuat Timnas Indonesia berbalik unggul 2-1 atas Malaysia.

Skor 2-1 untuk keunggulan Timnas Indonesia menjadi penutup babak pertama.
Tertinggal 1-2, pelatih Malaysia mencoba melakukan pergantian pemain di babak kedua.

Melihat adanya pergantian pemain, Shin Tae Yong langsung merespon hal tersebut dengan melakukan pergantian pemain. E. Baggot masuk menggantikan R.M Rumakin untuk memperkuat lini belakang.

Selain Baggot, Shin Tae Yong juga memasukkan Evan Dimas dan K. Yudo di babak kedua.
Pergantian pemain yang dilakukan Shin Tae Yong berbuah manis. Di menit ke-50 sepakan keras kaki kiri Pratama Arhan mampu membawa Indonesia unggul 3-1.

Di menit ke-82, pemain pengganti Elkan Baggot memastikan kemenangan Indonesia menjadi 4-1 lewat sundulan memanfaatkan sepak pojok. Skor 4-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Kemenangan tersebut memastikan Indonesia keluar sebagai juara grup B, unggul produktifitas gol atas Vietnam yang duduk di posisi ke dua.
Di babak semifinal, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan ranner up group A Singapura.Sedangkan Timnas Vietnam akan bertemu juara group A, Thailand.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong usai pertandingan mengungkapkan kunci sukses anak asuhnya hingga mampu membalikkan keadaan, usai tertinggal 0-1. Shin mengaku, sebelum pertandingan dirinya telah memberikan arahan kepada anak asuhnya agar tidak panik jika tertinggal lebih dahulu.

Anak asuhnya diminta untuk bermain seperti biasa jika harus tertinggal lebih dahulu. Tidak panik dan bermain tenang seperti biasa menjadi kunci sukses Timnas Indonesia mampu membalikkan keadaan saat melawan Malaysia.

” Saya punya pengalaman saat melatih Korea di tahun 2017 ketika melawan Jepang. Saat itu, anak asuh saya sudah tertinggal lebih dahulu 0-1 di babak Pertama. Saya meminta mereka agar tidak panik dan permainan seperti biasa dan kami mampu menang 4-1 dari Jepang. Hal inilah yang saya terapkan kepada anak asuh saya di Timnas Indonesia,” ungkap Shin.

Ketua DPRD TTS, Marcu Mbau yang menonton pertandingan Timnas Indonesia vs Malaysia mengaku, kagum dengan permainan Timnas Indonesia. Permainan Indonesia disebutnya telah berubah jauh setelah diasuh Shin Tae Yong.

Indonesia tidak lagi memainkan umpan-umpan jauh langsung ke kotak pinalti seperti dahulu. Selain itu, mental para pemain juga jauh lebih tenang ketika harus tertinggal lebih dahulu.

” Permainan kita jauh lebih atraktif tidak seperti dulu. Jika dulu kita lebih senang memainkan umpan-umpan jauh langsung kedepan pertahanan lawan, kini kita memainkan umpan-umpan pendek dari kaki ke kaki dengan hanya satu atau dua sentuhan saja. Selain itu, mental pemain kita juga lebih baik dan mampu keluar dari tekanan saat tertinggal lebih dahulu. Saya kira ini yang menjadi kunci kemenangan kita dari Malaysia.
(DK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.