oleh

Datangi KPU Sabu Raijua,Jacki Uly Cek Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu 2024

-Berita, Politik-139 Dilihat

Ket Foto : Nampak Jacki Uly Saat Mengunjungi KPU Sabu Raijua

Laporan Reporter SUARA TTS .COM

SUARA TTS .COM | SEBA – Anggota  Komisi II DPR RI dari Fraksi NasDem Drs Jacki Uly,MH melakukan kunjungan kerja reses di Kabupaten Sabu Raijua (20/10/2021). Selain bertemu dengan masyarakat, BPN, dan Bawaslu, Jacki Uly juga mendatangi KPU Kabupaten Sabu Raijua.

Saat kunjungan berlangsung di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sabu Raijua, Jacki Uly berdiskusi tentang masalah evaluasi penyelenggaraan PSU pada Pilkada lalu dan hal-hal berkaitan dengan SDM tenaga kerja di KPU, kemudian tentang kesiapan penyelenggaraan pemilu pada tahun 2024 mendatang.

“Kedatangan saya kemari tentu sebagai bagian dari membangun sinergi bersama mitra saya KPU terkhususnya di Kabupaten Sabu Raijua. Saya berterima kasih atas kinerja yang telah dilakukan KPU Kab. Sabu Raijua meskipun pada perjalanannya terjadi persoalan yang menimpa salah satu calon bupati. Hal positif harus tetap kita lihat atas kinerja KPU Sabu Raijua yang tetap menjaga independensi dan profesional dalam melaksanakan PSU. Hingga pada akhirnya menghasilkan pemimpin baru bagi Kabupaten Sabu Raijua”, ujar Anggota Komisi II DPR RI tersebut.

Tidak mudah mempersiapkan pemilihan ulang, apalagi dengan waktu yang pendek, KPU harus terus bersosialisasi dan mengembalikan kepercayaan masyarakat. Namun demikian, KPU dengan kerja kerasnya mampu menyelenggarakan pemilihan ulang dengan tertib dan lancar.

Lebih lanjut, Jacki Uly menyampaikan informasi terkait kesiapan Pemilu 2024 yang dibahas di Komisi II DPR RI. Terutama terkait permintaan anggaran oleh penyelenggara yang menyentuh angka triliunan rupiah.

“Tentu kita sebagai wakil rakyat yang bertugas di Komisi II berharap agar KPU Sabu Raijua tetap konsisten dan menjalankan tugas dan wewenangnya sesuai aturan yang berlaku. Terlebih terkait dengan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak pada tahun 2024 nantinya”, harapnya.

Sementara itu, Plt Ketua KPU Kabupaten Sabu Raijua, Alpius Saba menyampaikan tanggapannya terkait kunjungan kerja tersebut.

“Perlu kami sampaikan, pada dasarnya KPU Kab. Sabu Raijua menghargai dan melaksanakan dengan penuh tanggung jawab seluruh putusan Mahkamah Konstitusi dan DKPP. KPU akan terus berupaya untuk melaksanakan segala tahapan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Seluruh proses pencalonan dan verifikasi syarat calon bupati lalu telah dilaksanakan berdasarkan UU Pilkada, Peraturan KPU, dan Keputusan KPU yang mengatur tentang pencalonan, meskipun pada akhirnya terungkap ketidakjujuran dari salah satu calon mengenai dokumen – dokumen tersebut.” ujarnya.

Lebih lanjut dalam pertemuan tersebut, Alpius Saba menegaskan bahwa KPU memang tidak memiliki kuasa untuk menindaklanjuti lebih jauh persoalan tersebut, akan tetapi KPU Sabu Raijua harus terus memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas pelaksanaan pemilihan selanjutnya. Kedepannya terkait sinergitas KPU bersama Disdukcapil Sabu Raijua berjanji akan terus berkoordinasi sehingga persoalan mengenai data calon pemimpin maupun data pemilih pada Pemilu dan Pilkada yang akan datang bisa valid.

“Terima kasih kami ucapkan atas kunjungan bapak Jacki Uly selaku anggota Komisi II DPR RI, kami senang bapak bisa berdiskusi dan saling mendengarkan masukan dan aspirasi guna memperbaiki kinerja KPU kedepannya”, pungkasnya.(Bai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.