oleh

Prodi Bahasa Inggris STKIP Soe Gelar Webinar Internasional, Ini Yang Dibahas.

Ket Foto.Nampak suasana webinar.

Laporan Reporter SUARA TTS.COM

SUARA TTS.COM |SOE- Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran yang sangat penting untuk dipelajari. Mengingat perannya dalam mempersiapkan siswa untuk memiliki masa depan yang lebih baik (termasuk mendapatkan pekerjaan, pergi ke luar negeri, melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Karna itu Dies Natalis STKIP Soe ke-9, Program studi pendidikan Bahasa Inggris STKIP Soe mengambil bagian dalam peningkatan 4 ketrampilan Bahasa Inggris untuk mendukung Pendidikan di Indonesia. Hal ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Kegiatan dilakukan secara Webinar Internasional dengan tema 4 SKILLS IN HARMONY (Listening, Writing, Reading, Speaking), berlangsung pada Sabtu, 07 Mei 2022 pada pukul 10.00 WITA – Selesai. Webinar ini berlangsung Via Zoom.

85 peserta ikut webinar diantaranya akademisi (mahasiswa, dosen, guru dan praktisi pendidikan) dari universitas di berbagai negara seperti National Univercity Manila, VHS Lippstadt,Department of Education Filipina, SM Sayyidina Hasan Brunei Darussalam, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gentiaras Bandar Lampung, SMA PJ Global School Malang, Universitas Nusa Cendana Kupang, Universitas Katolok Widya Mandira Kupang Universitas Negeri Malang, SMA Seminari St Yoh. Berkhmans Todabelu Mataloko Flores dan berbagai sekolah di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Selain itu juga para mahasiswa STKIP Soe dari seluruh program studi baik itu dari program study Pendidikan Bahasa Inggris, Biologi, Fisika, Matematika dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Adapun Materi dan pembicara dalam webinar tersebut adalah
Listening skill oleh Dr. Willy A. Renandya dari National Institute Of Education, Singapura & Anita Kurniawati Hadiyanto M.Hum dari universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia.
Writing Skill oleh Danielle Donelson, Ph.D. dari Preiffer University, Amerika Serikat .
Reading skill oleh Theresia Theodora Bengan Olla, S.Pd., dari COO Eruditia Official, Bali, Indonesia.
Speaking Skill oleh Heidy Wulandari, S.Pd.,M.Hum dari STKIP Soe.

Sementara itu Moderator dalam webinar tersebut adalah Yabes Olbata, M.Pd & Fitriani Banunaek sedangkan host yang memandu webinar tersebut adalah Emanuella Lasfeto.

Banyak upaya yang dilakukan untuk menguasai 4 ketrampilan Bahasa Inggris; mendengarkan, menulis, membaca, berbicara.

Ada empat poin yang dibahas yakni  tentang Listening Skill
Mendengarkan adalah sumber input utama, jika anda tidak dapat mendengarkan, anda tidak dapat berbicara dengan baik, jika Anda tidak bisa mengucapkan kata-kata dengan baik, anda belum cukup mendengar.

Selanjutnya tentang Writing Skill
Menulis sebagai Keterampilan dan Menulis sebagai Proses.

Pembahasan tentang Reading Skill
Anda mungkin diharapkan untuk membaca berbagai teks yang mencakup paket bacaan kursus, slide kuliah, artikel jurnal, artikel internet, surat kabar, laporan penelitian, tinjauan literatur, dll. Anda dapat membaca untuk:

Pembahasan tentang Speaking Skill
Menciptakan Suasana Kelas Berbicara yang Nyaman Menikmati atau memberikan posisi kepuasan dan keamanan berlaku untuk apa pun yang mendorong ketenangan, kesejahteraan, atau kepuasan diri serta kemudahan fisik.

Para partisipan yang ikut serta dalam webinar Internasional tampak antusias. Ini dibuktikan dengan berbagai komentar menyampaikan kesan dan pesan mereka terhadap webinar Internasional yang mana mereka merasa puas dan beruntung karena mendapat materi yang sangat berguna.

Selain dari kesan dan pesan ada juga partisipan yang mengungkapkan beberapa pertanyaan yang ditujukan bagi para pembicara. dikatakan bahwa semua peserta yang mengisi kuisioner secara online, 95% peserta merasa puas. Ada juga saran untuk perbaikan dan permintaan untuk mengadakan webinar lagi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.