oleh

Pileg 2024 di TTS Tak Ada Penambahan Kursi, Pemetaan Dapil Masih Mungkin.

-Berita, Politik-173 Dilihat

Ket foto: Nampak ketua divisi pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat, sosialisasi dan SDM, Kabupaten TTS, Ayub Victor Kollo (Kanan) dan Nixon Balla (Kiri)

Laporan Reporter SUARA TTS. COM

SUARA TTS.COM | SOE – Ketua Divisi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, Sosialisasi dan SDM, KPU Kabupaten TTS, Ayub Victor Kollo mengatakan, untuk Pemilihan Legislatif (Pileg 2024 di Kabupaten TTS tidak ada penambahan kursi.

Pasalnya hingga saat ini, jumlah penduduk Kabupaten TTS berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil belum menyentuh angka 500 ribu plus 1 jiwa. Sesuai data, jumlah penduduk Kabupaten TTS berada di angka 467 ribu jiwa.

” Kursi untuk DPRD TTS tetap 40 kursi. Tidak ada penambahan. Sesuai regulasi, penambahan kursi baru bisa dilakukan jika jumlah penduduk Kabupaten TTS menyentuh angka minimal 500.001 jiwa,” ungkap Ayub saat ditemui di kantor sekertariat KPU Kabupaten TTS.

Terkait pemetaan dapil dikatakan Ayub, untuk Kabupaten TTS masih bisa dilakukan dilihat dari aspek pemerataan alokasi kursi di setiap dapil. Namun hal ini belum dilakukan karena masih menunggu petunjuk dari KPU Pusat.

” Untuk pemetaan dapil masih bisa dilakukan untuk Kabupaten TTS dilihat dari aspek pemerataan alokasi kursi. Dimana pada dapil 4 ada 9 kursi sedang dapil 2 ada 7 kursi sedangkan dapil 1, 3 dan 5 ada 8 alokasi kursi. Namun untuk pemetaan dapil ini kita masih menunggu arahan dari KPU Kabupaten TTS,” terangnya.

Disinggung terkait pelaksanaan tahapan pemilu 2024, Ayub mengaku, hingga saat ini belum ada penetapan waktu dan tahapan di tingkat pusat.

” Untuk waktu dan tahapan pelaksanaan pemilu masih menunggu penetapan di tingkat pusat,” pungkasnya. (DK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.