oleh

Pemda TTS Segera Keluarkan Pernyataan Bencana, Warga Diminta Waspada 

-Berita-194 Dilihat

Ket. Foto nampak salah satu titik ruas jalan yang putus akibat dihantam banjir.

Laporan Reporter SUARA TTS.COM

SUARA TTS.COM | SOE – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kaban BPBD), Yeri Nakamnanu mengatakan, dalam waktu dekat Pemda TTS akan segera mengeluarkan surat pernyataan bencana yang akan diikuti dengan dikeluarkannya SK Tanggap Darurat. Hal ini dilakukan menuyusul terjadinya bencana alam (banjir dan tanah longsor) yang tidak hanya merendam rumah dan lahan pertanian masyarakat, tetapi juga menyebabkan sejumlah jalan putus akibat longsor. Bencana alam ini dipicu meningkatnya intensitas hujan sejak 30 Desember lalu.

” Kita sementara menyusun surat pernyataan bencana dan SK Tanggap Darurat yang nantinya akan ditandatangani oleh Bupati TTS,” ungkap Yeri kepada SUARA TTS.Com, di ruang kerjanya, Rabu 19 Januari 2022.

Ditanya terkait titik-titik yang mengalami bencana akibat intensitas hujan yang tinggi Yeri menjelaskan, banjir sempat merendam rumah warga dan lahan pertanian di Desa Tuafanu, Toeneke, Kecamatan Kualian, Desa Bena dan Linamnutu, Kecamatan Amanuban Selatan dan Desa Meusin Kecamatan Boking.

Selain itu banjir dan longsor juga merusak fasilitas jalan Bolapalelo-Naenoni tepatnya di Desa Kualeu, ruas jalan Poepleu- Bena tepatnya di Desa Naip, ruas jalan Oe’oh dan ruas jalan Bikium- Salbait.

Ket Foto. Kepala BPBD TTS, Yeri Nakamnanu.

” Untuk rumah Warga dan lahan pertanian yang terendam banjir kini air sudah suruh. Sedangkan akses jalan yang rusak sudah diperbaiki secara darurat sehingga bisa kembali dilewati. Dalam perbaikan fasilitas jalan ini kita bekerja sama dengan Dinas PUPR,” terang pria berkaca mata ini.

Mengingat intensitas curah hujan yang masih tinggi, Yeri menghimbau kepada warga yang tinggal di dekat aliran kali maupun di lokasi yang rawan bencana seperti Bena, Linamnutu, Tuafanu, Toeneke dan Oebobo untuk waspada jika turun hujan dalam intensitas tinggi dan dalam waktu yang lama.

Pihaknya telah membentuk tim relawan di Desa Oebobo untuk memberikan informasi dini jika debit air di kali Noelmina meningkat drastis. Informasi ini akan disampaikan kepada warga Bena dan Linamnutu agar waspda.

” Intensitas hujan masih tinggi sehingga kita menghimbau warga agar tetap waspada jika turun hujan dalam intensitas tinggi dan dalam waktu yang lama,” imbau mantan sekertaris Dinas Kominfo TTS ini. (DK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.