oleh

Pelantikan Kades Di Awal Tahun, Uksam Apreasiasi Kinerja Dinas PMD.

-Berita, Politik-129 Dilihat

Ket Foto. Ketua Komisi I DPRD TTS, DR Uksam Selan

Laporan Reporter SUARA TTS .COM

SUARA TTS .COM | SOE – Ketua Komisi 1 DPRD TTS, DR Uksam Selan mengucapkan profisiat dan selamat melayani kepada 44 kepala desa yang dilantik oleh Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun Jumat 14 Januari 2022.

Hal ini dikatakan politisi PKPI ini usai pelantikan para kades bertempat di Taman Wisata Bu’at.

“Kita bersyukur bahwa tidak ada masa transisi dan pasca dilantik langsung bekerja secara maksimal.
Ini langkah yang baik sehingga para kades kerja tanpa beban”,ujar Uksam kepada SUARA TTS.COM.

Menurutnya pelantikan diawal tahun sangat positif karna semua perencanaan RKPDes bisa dilakukan oleh kepala desa yang baru.

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada Dinas PMD yang tidak mengulur ulur pelantikan. Hal ini menurut Uksam suatu langkah tepat dan strategis.

Dikatakan masih ada Pekerjaan Rumah (PR) yakni ada 136 desa yang akan menggelar Pilkades pada tahun 2022 karena itu pihaknya mendukung untuk segera memulai proses dalam waktu dekat.

Namun demikian perlu ada evaluasi perbup untuk beberapa poin diantaranya penilaian kualifikasi ijasah, persamaan suara,
penyelesaian sengketa Pilkades.

” Demi kestabilan daerah ini maka kita minta Pilkades untuk 136 desa harus dilakukan dalam tahun ini dan kita sangat mendukung”,tandas Uksam.

Bentuk dukungan Komisi I DPRD TTS dengan mengalokasikan anggaran sebesar 3,250 Miliar dan nanti sisanya dianggarkan pada Perubahan.

Menurutnya dana sebesar memang tidak mencukupi nanti akan ditambahkan pada perubahan anggaran.

Untuk diketahui 44 kepala desa dilantik oleh Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun di taman wisata Bu’at Jumat 14 Januari 2022.

Sementara itu Kepala desa terpilih yang ditunda pelantikannya kata Nikson yakni Kepala Desa Kusi Utara, Kepala Desa Bileon, Kepala Desa Naifatu dan Kepala Desa Naileu yang ditunda pelantikannya karena karena terjadi kecurangan.

Sedangkan Kepala Desa terpilih desa Pika juga ditunda pelantikannya karena Kades terpilih meninggal dunia.

Penundaan berdasarkan rekomendasi Timwas merujuk pada hasil investigasi lapangan dan menemukan adanya kecurangan pada pelaksanaan pemilihan kepala desa.(Red)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.