oleh

Kisruh Pilkades Billa, Hari Ini Baru Dilakukan Perhitungan Suara

-Berita, Politik-200 Dilihat

Ket Foto : Nampak calon masyarakat desa Billa sedang berada di kantor Bupati TTS guna mengikuti perhitungan surat suara.

Laporan Reporter SUARA TTS .Com

SUARA TTS .COM | SOE – Pilkades tahap lll yang digelar secara serentak di 49 desa di Kabupaten TTS ternyata menyisakan satu desa yang belum melakukan perhitungan suara.

Pilkades Desa Billa, Kecamatan Amanuban Timur ditunda perhitungan suaranya karena adanya penolakan oleh masyarakat. Penolakan ini dipicu lantaran 50 lebih masyarakat Desa Billa tak bisa menggunakan hak suaranya karena tidak masuk dalam DPT.

Padahal, masyarakat tersebut memiliki KTP, namun oleh panitia tetap tidak bisa diberikan kesempatan menyalurkan hak suaranya.

” Panitia berkeras hanya yang masuk DPT saja yang bisa menyalurkan hak suaranya. Sedangkan yang diluar DPT tidak bisa. Ini yang membuat perhitungan suara tidak bisa dilakukan karena banyak masyarakat menolak,” Ungkap Saksi, Gasper Halla saat ditemui SUARA TTS .COM, Senin 6 Desember 2021.

Obaja Nitiano, calon kepala desa nomor empat mengatakan, banyak masyarakat yang kecewa karena tidakbmenggunakan,hak suaranya lantaran tidak masuk DPT.

Karena situasi yang tidak kondusif maka perhitungan ditunda. Sempat kotak suara dibawa ke kecamatan untuk dihitung tapi karena situasi tidak kondusif, maka perhitungan ditunda dan dibawa ke Kabupaten.

” Hari ini baru dilakukan perhitungan suara di aula kantor bupati TTS,” ujarnya.

Kadis PMD, Nikson Nomleni membenarkan hari ini akan dilakukan perhitungan suara Pilkades Billa. Perhitungan suara terpaksa dilakukan di kabupaten karena di situasi yang tidak kondusif di desa dan kecamatan.

” Situs di desa dan kecamatan tidak kondusif, sehingga kita terpaksa lakukan perhitungan suara di kabupaten hari ini,” terang Nikson. (DK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.