oleh

Kepada Peserta Pelatihan Kewirausahaan, Rambu : Ilmu Yang Didapat Harus Diaplikasikan

-Berita, Finance-332 Dilihat

Ket foto :Nampak suasana kegiatan pelatihan kewirausahaan tingkat lanjut (tahap II) tentang perencanaan Bisnis dan Keuangan di aula Yayasan SSP Soe

Laporan Reporter SUARA TTS.COM

SUARA TTS. COM | SOE – Direktur Yayasan Sanggar Suara Perempuan (SSP) Soe, Rambu Atanau Mella berharap para peserta kegiatan pelatihan kewirausahaan tingkat lanjut (tahap II) bisa menerapkan ilmu yang didapat untuk mengembangkan usaha.

Kegiatan pelatihan yang berlangsung selama 5 hari (Senin-Jumat) diselenggarakan oleh Konsorsium Timor Adil dan Setara NTT yang terdiri dari LBH Apik NTT, Bengkel APPeK NTT, KPI Sekwil NTT,Lopo Belajar Gender, CIS Timor, YSSP SoE, dan YABIKU NTT.

” Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk para pelaku UKM dalam mengelola usahanya agar bisa berkembang. Oleh sebab itu, ilmu yang didapat harus diaplikasikan secara baik dalam pengelolaan usaha sehingga nantinya bisa berkembang,” pinta Rambu saat dijumpai SUARA TTS.COM, Jumat 25 Februari 2022.

Kepada para peserta, Rambu berpesan agar benar-benar menekuni usaha yang sementara dijalani agar bisa berkembang.
” Harus benar-benar tekun dalam berusaha. Jangan usaha baru sebentar sudah tutup. Harus punya semangat dan keuletan dalam menjalankan usaha,” pesan wanita berkaca mata ini.
Ayunda Nikin, salah satu peserta dari Desa Biloto, Kecamatan Mollo Selatan yang menjalani usaha tenun ikat mengaku, mendapatkan banyak ilmu baru selama lima hari mengikuti kegiatan tersebut. Mulai dari perencanaan membuka usaha, melakukan survei pasar, analisis pasar, menentukan harga jual, marketing, promosi hingga bermuara pada perubahan pola pikir. Dimana saat ini dirinya sudah memiliki pola pikir seorang entrepreneur.

” Kegiatan ini sangat bagus dalam mengembangkan para pelaku UKM. Kita dapat banyak ilmu baru dalam membuka, menjalankan dan mengembangkan usaha,” tutur Ayu.
Diberitakan sebelumnya, Sebanyak 20 pelaku usaha kecil menengah (UKM) dari Kabupaten TTS dan TTU, Senin 21 Februari berkumpul di aula Yayasan Sanggar Suara Perempuan (SSP) Soe. Para pelaku usaha tersebut dikumpulkan oleh Konsorsium Timor Adil dan Setara NTT guna mengikuti kegiatan pelatihan kewirausahaan tingkat lanjut (tahap II) tentang perencanaan Bisnis dan Keuangan. Selama lima hari kedepan, para pelaku usaha yang terdiri dari kaum muda dan perempuan ini akan mendapatkan materi terkait pengelolaan usaha, mengelola keuangan, promosi dan pemasaran guna mengembangkan usaha.

Jembris, koordinator program
mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut merupakan kegiatan lanjutan dari tahap 1 yang sebelumnya digelar di Kupang. Pada tahap II ini, para pelaku akan menerima materi bagaimana mengelola usaha dan mengelola keuangan agar usaha yang dijalankan bisa berkembang. (DK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.