oleh

Kegiatan Perayaan HUT RI di Kualin,Momen Menyatukan Usai Pilkades.

Ket Foto: Ketua panitia, Yeskial Hadjo (kiri) dan Camat Kualin, Jakob Sapay (kanan)

Laporan Reporter SUARA TTS.COM,Erik Sanu 

SUARA TTS.COM | SOE – Berbagai kegiatan lomba digelar dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 77 di Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Sejumlah kegiatan mulai diperlombakan sejak pembukaan pada tanggal 2 Agustus 2022 lalu bertempat di halaman kantor camat Kualin.

Pantauan SUARA TTS.COM, pertandingan bola voli, bola kaki antar sekolah digelar siang hari. Meski panas dan tebaran debu akibat tiupan angin kencang namun masyarakat sangat antusias mengikuti berbagai kegiatan tersebut.

Camat Kualin,Jakob Sapay saat diwawancarai,Rabu 10 Agustus 2022 mengatakan kegiatan perlombaan sudah dibuka sejak tanggal 2 Agustus lalu. Berbagai kegiatan kesenian dan olahraga akan diperlombakan.

Kesenian misalnya,ada lomba solo, Paduan suara,Natoni.Sedangkan Olahraga digelar pertandingan bola voli,bola kaki, panjat pinang,tarik tambang.

Ket Foto. Nampak suasana pertandingan bola voli antar sekolah di Kecamatan Kualin.

“Semua kegiatan lomba antar sekolah dan masyarakat umum, puncaknya tanggal 17 Agustus”jelas camat Sapay.

Selain itu ada juga vaksinasi massal, pembayaran pajak kendaraan bermotor yang semuanya terpusat di kompleks Kantor Camat Kualin.

Dirinya berharap semua pihak harus menciptakan suasana aman agar semua kegiatan bisa berjalan dengan baik. Ia juga mengaku dengan adanya kegiatan perayaan HUT RI ke 77,bisa menjadi momen menyatukan. Pasalnya akibat Pilkades yang baru saja berlalu sempat membuat ada jarak diantara masyarakat akibat perbedaan pilihan.

Ditanya ada kemungkinan praktek judi terbuka, Jakob mengatakan tidak ada dan memang tidak diperbolehkan.

“Kegiatan olahraga dan kesenian ini juga hiburan,tidak ada judi”, ujarnya singkat.

Sementara itu ketua panitia pelaksana kegiatan, AIPDA Yeskial Hadjo mengatakan pihaknya telah mempersiapkan kegiatan dengan baik,mulai lokasi kegiatan, penataan parkir hingga keamanan.

Menurutnya dengan adanya kegiatan perayaan, setidaknya bisa mencairkan suasana yang tegang usai perhelatan Pilkades. Tercatat ada 4 desa di wilayah Kecamatan Kualin ikut menggelar Pilkades serentak pada tanggal 25 Juli lalu.

“Kegiatan perayaan ini melibatkan semua desa di kecamatan Kualin. Kita pantau tidak ada lagi ketegangan seperti beberapa waktu lalu akibat Pilkades, suasananya cair dan masyarakat berbaur satu sama lain dalam kegiatan ini”,ujar Yeskial.(ES).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.