oleh

Kantor Pertanahan TTS Serahkan Sertifikat PTSL.

-Berita-196 Dilihat

Ket Foto . Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun didampingi oleh kepala kantor Pertanahan TTS, Alise Damaris Libing,S.Sit saat menyerahkan sertifikat kepada masyarakat.

Laporan Reporter SUARA TTS .com

SUARA TTS. COM – Kantor Pertanahan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) melakukan Penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah Kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2021.

Acara penyerahan pertama dilakukan di desa Pusu, Kecamatan Amanuban Barat sekitar pukul 09.00 WITA. Penyerahan dilakukan oleh Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun secara simbolis.

Sedangkan penyerahan kepada masyarakat desa Tubuhue dilaksanakan di Kantor Pertanahan setempat, Rabu 15 Desember 2021 sekaligus mengikuti acara penyerahan sertifikat secara virtual oleh Menteri ATR/BPN Sofyan Jalil.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten TTS, Alise Damaris Libing,S.Sit dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sitematis Lengkap (PTSL) merupakan implementasi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria (UUPA).

Ket Foto. Nampak Kepala Kantor Pertanahan TTS, Alise Damaris Libing saat menyerahkan sertifikat kepada masyarakat

Kegiatan PTSL adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah dalam rangka memberi kepastian hukum terhadap Tanah dengan tanda bukti hak (sertifikat)

Tujuan pendaftaran tanah adalah untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum kepada pemegang hak atas suatu bidang tanah,satuan rumah susun dan hak-hak lain yang terdaftar agar dengan mudah dapat membuktikan dirinya sebagai pemegang hak atas tanah.

Untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum, kepada pemegang hak yang bersangkutan diberikan sertifikat hak atas tanah.

Sehingga pada tahun 2021 (Pendaftaran Sistematis Lengkap PTSL Masuk kedalam PSN Pemulihan Ekonomi Nasional dan Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara Gratis tampa dipungut biaya dari mayarakat, dan masyarakat hanya menyediakan alas hak, bukti identitas, pilar dan materal.

Untuk Kabupaten Timor Tengah Selatan mendapat target dengan rincian.

Desa Pusu : 708 Bidang, Desa Fenun: 163, Desa Ointis: 262, Desa Konbaki: 350,Desa Balu : 324, Desa Anis : 588, Desa Tubuhue : 181,Desa Benlutu: 23, Desa Laob: 110

SHAT 3360 Bidang, PAT :2180 BidangKA : 598 Bidang

Realisasi

SHAT : 3.039 Bidang ( 321 Dalam Proses Pencetakan Sertipikat), POT : 2180 Bidang (Realisasi 100%), K4 :595 Bidang (Realisasi 100 %)

Dari Kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTS) TA 2021 Ini Diperoleh 5 Desa dengan Nilai

Desa Lengkap (NDL) antara lain (Desa Anin, Dinlasi, Konbaki, Pusu dan Desa Balu) Dan keseluruhan Sertipikat Hak Atas Tanah dari hasil Kegiatan ini akan diserahkan secara bertahap kepada masyarakat peserta PTSL TA. 2021 dalam akhir bulan Desember s/d bulan Januari.

Kegiatan legalisasi aset lainnya:

A. Sertipikasi Redistribusi Tanah Obyek Landerform (Redin Toll Lokasi di Desa Sel dengan Target 400 Sertipikat di Desa Sel sudah selesal 100 % dan telah diserahkan pada tanggal 07 Oktober 2021.

B. SHAT Mandiri (Linitas Sektor)

Sertifikasi untuk Sektor UMKM dan Nelayan Tangkap Sebanyak 385 Sertipikat telah Selesal 100% dan akan diserahkan dalam waktu dekat, kerjasama dengan Disperindag sebanyak 300 Bidang terdapat di Desa: Desa Fotilo Desa Nule,Desa Fatukoto, Desa Nobl-nobi,Desa Minelalete Serta dengan Dinas Perikanan sebayak 85 Bidang:

Desa Fatumanuful, Desa Boking, Desa Holbeti, Desa Kotolin, Desa Spaha, Desa Kolbano, Desa Kualin

c. Pengadaan Tanah untuk Bendungan Temef : Realisasi 530 Bidang Tanah dengan Luas 292,3 Ha Tahapan Pengukuran dan inventarisir Bidang telah dilaksanakan, dan dalam waktu dekat akan dilaksanakan Pengumuman setelah dikeluarkan Penlok terbaru.

Sebagai informasi bahwa rencana penetapan lokasi dan target PTSL TA. 2022 0Pemerintah telah menetapkan target sebanyak 3.100 Sertipikat untuk wilayah kabupaten Timor Tengah Selatan dengan rincian sebagai berikut:

Rencana Penetapan Lokasi berada di 12 Desa yaitu: Desa Noemuka, Teas, Oepliki, Boking, Meusin, Nano, Baus, Fatumanufui, Haumeni, Nenoat, Putun dan Desa Taebesa.

Dengan Jumlah Target SHAT : 3.100 Bidang, PBT 2.040 Bidang,KA 2.025 Bidang.

Dirinya mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten TTS serta seluruh elemen masyarakat yang telah mendukung hingga kegiatan PTSL ini dapat berjalan dengan baik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.