oleh

Jelang Peresmian Kantor Cabang Soe, Kopdit Obor Mas Gelar Pendidikan Literasi Finansial

-Berita-195 Dilihat

Ket. Foto:Manager Cabang Uatama Kantor Cabang Utama TTS, Yakobus Anisetus Gori, S.Pd.

Laporan Reporter SUARA TTS.COM, Dion Kota.

SUARA TTS. COM | SOE – Jelang peresmian kantor Cabang Kabupaten TTS, Kopdit Obor Mas menggelar Pendidikan literasi finansial bagi 1000 lebih anggota Kopdit Obor Mas di Kabupaten TTS. Tak tanggung-tanggung pelatihan yang berlangsung, Senin 12 September 2022 tersebut, digelar di 12 titik.

Manager Cabang Utama Kantor Cabang Utama TTS, Yakobus Anisetus Gori, S.Pd mengatakan, pendidikan literasi finansial memiliki beberapa tujuan. Pertama, mencerdaskan anggota Kopdit Obor Mas dalam mengelola keuangan keluarga. Kedua, melatih anggota dalam pengelolaan aset dan ketiga, melatih anggota untuk mengukur kemampuan ketika melakukan pinjaman.

“ Hari ini kita gelar pendidikan literasi finansial di Desa Kesetnana, Kuatae, Hoebety, Oinali, Tutem ada dua titik, Ajotomas, Taeftub, Fatukopa ada dua titik, Oeekam, kecamatan Noebeba dan Noinbila. Kita memberikan pendidikan kepada anggota tentang bagaimana mengelola keuangan keluarga dengan baik.

 

Selain itu, anggota juga diajari bagaimana menghitung kemampuannya ketika melakukan pinjaman yang disesuaikan dengan kemampuan anggota dalam mengangsur pinjaman tersebut,” ungkap Anisetus kepada SUARA TTS. COM.

Ket foto : suasana pendidikan literasi finansial bagi anggota Kopdit Obor Mas.

Menariknya, narasumber dalam pendidikan literasi finansial tersebut merupakan pengurus Kopdit Obor Mas yang sudah mengantongi sertifikat pendidikan literasi finansial.

“ Untuk narasumber dalam pendidikan literasi finansial tersebut, kita dari internal Kopdit Obor Mas,” ujarnya.

Sedangkan untuk peresmian kantor Obor Mas Cabang Kabupaten TTS sendiri lanjutnya, akan digelar pada Selasa 13 September 2022. Peresmian dijadwalkan akan langsung dilakukan oleh Bupati TTS, Egusem Tahun.

“ Nanti Pak Bupati yang akan melakukan peresmian kantor cabang ini,” terangnya.

Ditanya kelebihan Kopdit Obor Mas dibanding Koperasi lainnya, Anisetus menjelaskan, Kopdit Obor Mas menjadi satu-satunya koperasi di NTT yang menyalurkan KUR. Selain KUR, Kopdit Obor Mas juga menyalurkan kredit dari lembaga penyalur dana bergulir dari kementerian keuangan.

“ Di Indonesia hanya ada tiga koperasi yang percaya pemerintah untuk menyalurkan KUR dan kita salah satunya, untuk NTT kita satu-satunya koperasi yang salurkan KUR,” sebutnya. (DK)

Editor : Erik Sanu 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.