oleh

Fatumnasi, Negeri Dongeng Dari Timor

-Berita-237 Dilihat

Ket Foto :Nampak Keindahan Alam Fatumnasi

Laporan Reporter SUARA TTS.Com

SUARA TTS | SOE – Fatumnasi, merupakan salah satu obyek wisata paling populer yang ada di pulau Timor. Fatumnasi menawarkan pemandangan alam layaknya negeri dongeng yang ada di film – film Hollywood.
Hutan yang lebat, padang rumput yang hijau, danau yang masih alami, barisan perbukitan yang menjulang, kuda-kuda yang bermain di padang rumput, kabut yang tebal dan kicauan burung yang mempesona, semuanya bisa anda temui di Fatumnasi.
Fatumnasi sendiri berada di Kabupaten TTS, Propinsi NTT. Letaknya, kurang lebih sekitar 45 Km dari Kota Soe, Ibu Kota Kabupaten TTS.
Fatumnasi merupakan objek wisata yang unik. Jika suhu rata-rata di Pulau Timor panas, maka Fatumnasi memiliki suhu yang lebih dingin. Wilayah Fatumnasi sangat akrab dengan kabut. Apa lagi jika memasuki bulan Juni hingga Agustus. Hampir setiap saat daerah ini akan diselimuti kabut yang cukup tebal. Suhu dinginnya cukup untuk membuat badan menggigil jika tak berpakaian tebal. Hal ini tak lepas dari posisi Fatumnasi yang berada di atas ketinggian.
Wilayah Fatumnasi sendiri sebagian besar masuk dalam kawasan cagar alam Mutis Timau. Hal inilah yang menyebabkan ekosistemnya masih sangat alami.
Di Fatumnasi kita bisa jumpai pohon-pohon dengan diameter raksasa. Wilayahnya Fatumnasi sendiri didominasi oleh hutan Pinus yang masih sangat lebat.
Fatumnasi memiliki hutan endemik yaitu hutan Bonsai. Barisan pepohonan bonsai dengan ukuran yang raksasa menjadi daya tarik tersendiri dari Obyek Wisata Fatumnasi. Seperti tanaman Bonsai pada umumnya, batang pohon bonsai di Fatumnasi juga meliuk-liuk membentuk pola yang sangat indah. Karena suhunya yang dingin dan lembab, membuat lumut tumbuh subur di atas dahan pohon Bonsai.
Selain menawarkan hutan Bonsai yang endemik, dari atas perbukitan Fatumnasi, anda bisa melihat bentangan alam yang sangat mempesona sejauh mata anda memasang. Udaranya yang masih sangat alami membuat anda semakin dimanjakan ketika berada di Fatumnasi.
Bagi anda yang tergoda untuk mengunjungi Fatumnasi, anda bisa langsung datang ke Kabupaten TTS. Dari Kota Soe, ibu kota Kabupaten TTS, letak fatumnasi bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan jarak tempuh kurang lebih 45 Km dan waktu tempuh sekitar 60 menit. Akses jalannya sudah cukup bagus. Dari kota Soe hingga Kecamatan Mollo Utara akses jalannya sudah dihotmix. Barulah saat memasuki Kecamatan Fatumnasi, anda akan melewati akses jalan yang masih dalam proses pengerjaan. Disepanjang perjalanan, anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang mempesona. Barisan perbukitan dan hutan yang masih alami akan mengantar anda hingga ke Fatumnasi.
Dari pintu masuk cagar alam Mutis, lokasi hutan bonsai hanya berjarak sekitar 500 meter.
Bagi anda yang ingin ke fatumnasi, disarankan untuk mengunakan jaket atau sweater karena suhunya cukup dingin. Selain itu, anda juga disarankan membawa bekal makanan dari rumah karena di fatumnasi belum tersedia warung makan. (/DK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.