oleh

Dinas P3A TTS Berhasil Mediasi Kasus Ingkar Janji Menikah Hingga Berujung Pernikahan

-Berita-2005 Dilihat

Ket foto. Nampak suasana pemberkatan pernikahan Fony Tefa dan Nus Baok di Gereja GBI Nunapa, Desa Nule, Kecamatan Amanuban Barat, Kabupaten TTS

Laporan Reporter SUARA TTS.COM

SUARA TTS.COM | SOE – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan (Dinas P3A) melalui bidang PPA berhasil memediasi kasus ingkar janji menikah yang diadukan Fony Tefa.

Wanita yang sudah memiliki dua orang anak hasil hubungannya dengan Nus Baok ini, akhirnya menikah di Gereja GBI Nunapa, Desa Nule, Jumat 18 February 2022.

Kabid PPA, Andy Kalumbang mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan kasus ingkar janji menikah tersebut pada awal bulan Januari lalu. Usai mendapatkan pengaduan, pihaknya lalu melakukan mediasi antara pelapor dan terlapor.

Selain itu dalam mediasi tersebut, juga melibatkan keluarga dari laki-laki dan perempuan.

” Kita pertemukan kedua pihak, pelapor bersama keluarganya dan terlapor bersama keluarganya. Sehingga kedua Keluarga bersepakat untuk hari ini menikahkan keduanya,” ungkap Andy.

Andy menjelaskan, dalam proses mediasi, pihaknya menekankan untuk memprioritaskan nasib anak-anak dan menyelamatkan kedua pasangan tersebut sebagai orang Kristen.

Akhirnya kedua pihak keluarga, terlapor maupun pelapor mau untuk melakukan pernikahan.

” Kita minta untuk menurunkan ego masing-masing. Kasihan anak-anak. Sebagai orang Kristen, maka keduanya (terlapor dan pelapor) harus menikah,” jelasnya.

Dari Januari hingga Pertengahan Februari, pihak Dinas P3A menerima laporan kasus ingkar janji menikah sebanyak 5 kasus. Empat kasus masih ditangani sedangkan 1 kasus sudah berujung pernikahan.

” Kita berharap empat kasus lainnya yang sementara kita tangani bisa juga berujung pernikahan,” harapnya.

Selain menggelar pernikahan antara Fony dan Nus, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan BS masal. Sebanyak 29 pasang melakukan BS pada kesempatan tersebut. Hal ini merupakan hasil kerja sama antara Dinas P3A dan Dinas Dukcapil TTS.

*Penulis : Dion Kota

*Editor: Erik Sanu

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 komentar