Di TTS, Peserta Seleksi Panwaslu Kecamatan Sebut Bawaslu Tidak Transparan

Berita510 Dilihat

Ket Foto : Nampak suasana seleksi tertulis panwaslu kecamatan beberapa waktu lalu (dok.Facebook)

Laporan Reporter SUARA TTS.COM,Erik Sanu.

SUARA TTS.COM | SOE-  Sejumlah peserta seleksi calon anggota Panwaslu Kecamatan tahun 2022 di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) mengeluhkan tidak adanya transparansi dalam pengumuman hasil seleksi.

Hal ini diungkapkan salah satu peserta seleksi dari Kecamatan Amanuban Barat,Mercy Liu. Kepada SUARA TTS.COM,Rabu 19 Oktober 2022, Mercy menjelaskan tidak puas dan merasa perlu menduga ada permainan. Pasalnya ia mendapat nilai 59 dan yakin lolos ke tahapan selanjutnya. Selain itu pengumuman tidak menyertakan nilai dan perengkingan.

“Saya yakin permainan ada di server”,ujar mantan ketua panwaslu kecamatan Amanuban Barat pada pemilu 2019 lalu. Dirinya merasa heran ada dugaan peserta yang punya nilai rendah tapi berubah dan lolos.

“Seharusnya transparan biar jangan ada dusta di antara kita karna permainan bisa saja terjadi karna yang mengetahui nilai akhir adalah kita sendiri dan juga server. Siapa tau ada unsur suka dan tidak suka maka nilai yang rendah bisa dikatrol sedangkan yang memang tidak disukai ditendang”, ujarnya.

Hal yang sama diungkapkan Semy Adoe. Peserta dari kecamatan kota Soe ini mengaku siap menerima apapun hasilnya namun demikian perlu adanya keterbukaan sehingga peserta merasa puas.

Ia mengatakan seharusnya pengumuman hasil tes tertulis dilakukan dengan menyertakan nilai para peserta yang dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya.

Sementara itu terpantau di grup Facebook Bawaslu TTS, terdapat komentar komentar yang mempertanyakan soal tidak dicantumkannya nilai para peserta

Berikut beberapa komentar yang dirangkum oleh SUARA TTS.COM

Akun Eron Brandals’z Israel

Untuk tes CAT. Sesi 4 kami ada sekitar 6 orang yang tidak dapat nilai Iangsung dri hasil di layar komputer krna kendala jaringan   dan stelah mnunggu beberapa mnit kmudian dri pihak panitia/operator dtng dan mnyampaikan nilai kmi apa itu di nyatakan SAH sdangkan jringan smntra gangguan..???

Eron Brandals’z Israel

Sesuai penjelasan dri pihak panitia untuk pengumuman hasil tes akan di sertakan denga nilai yg di dpat tapi ini knpa tdak ad nilainya???

Akun Vharan Kollo

Terlepas dari lulus atau tidak. Tapi MOHON CANTUMKAN NILAI HASIL UJIAN..biar kami bsa tau kami ada di posisi mna. Untuk apa selesai ujian kami di suruh catat Nilai ujian, Alhasil Nilai tdk ada pada Pengumuman.

Feherdy Selan

Kenapa tidak munculkan nilai biar kami tau. Padahal waktu bt selesai ikt tes ada petugas yang omong di beta kalau nanti nilai diposting.Tapi buktinya tidk di sertakan nilai.Kalau begini ada sesuatu yang tidak beres.

Glorya Ningsih

Waduh..sy heran..dri Kec.Kualin yg skor 52 tdk llos ttapi 47 llos..ad apa di balik ini?? Su ke main catur sa..bongkar pasang..

Steven Tlonaen

Tetap semangat Kk dong ada waktu pengaduan masyarakat pake sudah itu ruang bagi yg mau.ingat bahwa kemerdekaan ialah hak segala bangsa.

Amos Ase Hana

Ini tidak transparan. Tolong tampilkan nilai hasil tes tertulisnya karna ada ketidak transparan nerarti ada yang disembunyikan. Trrims kasih.

Amos Ase Hana

saya baca di daerah Iain ada vantumkan berupa berita acsra dan lampiran hasil tes lengkap dengan nilai walaupun ada yg nilai nol tapi di TTS ko kenapa tidak ya. Banwslu TTS yolong jelaskan agar semua tahu jelas. Terima kasih.

Ketua Bawaslu TTS, Melky Fay,S.Sos dikonfirmasi via WhatsApp mengatakan pihaknya sudah melaksanakan seleksi sesuai juknis dari Bawaslu RI.

“Mohon maaf kaka kami sementara wawancara peserta mulai hari ini sampai tgl 23 . Kalau jelaskan secara WA waktu saya tidak cukup tapi intinya kami sudah lakukan sesuai mekanisme dan Juknis dari Bawaslu RI” demikian pesan WhatsApp yang diterima.

Untuk diketahui seleksi tertulis calon panwaslu kecamatan dilaksanakan pada tanggal 14-16 Oktober 2022 dan pengumuman tanggal 17 Oktober sedangkan tahapan wawancara mulai dilaksanakan 19-23 Oktober. (SYS)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *