oleh

Ciptakan Lapangan Kerja, Pemuda Anugrah Mauleum Gelar Pelatihan Pakan Ternak

-Berita-216 Dilihat

Ket Foto: Suasana pelatihan pembuatan pakan ternak.

Laporan Reporter SUARA TTS.COM,Erik Sanu 

SUARA TTS.COM | SOE – Ketua Pemuda Wilayah Anugrah Mauleum, Kecamatan Amanuban Timur, Kabupaten TTS Yon Hauteas, S.Pd memfasilitasi kegiatan Pelatihan Vermentasi Pakan Ternak Babi untuk pemuda,orang dan dan remaja di wilayah tersebut. Hal ini dilakukan agar bisa menciptakan lapangan kerja bagi para pemuda di jemaat tersebut.

Tercatat peserta berjumlah 35 orang dengan pemateri Jakob Nomnafa,SH Kegiatan pelatihan pakan ternak dilaksanakan pada Minggu 4 September 2022 bertempat di Gereja Nazareth Oemasi.

Pelatihan yang direncanakan berjalan 1 hari namun disepakati untuk dilanjutkan sampai semua peserta bisa  membuat pakan. Kegiatan pelatihan   dibuka Oleh Ketua Majelis Anugrah Maulum, Pdt. Willi Radith Maniley, S.Th

Adapun tujuan kegiatan adalah mengajari Jemaat mengolah bahan bahan menjadi menjadi pakan ternak Babi yang bergizi dan ekonomis serta bisa produksi sendiri untuk kebutuhan ternak. Selain itu juga menciptakan lapangan kerja bagi para jemaat.

Ketua Majelis Anugrah Mauleum, Pdt. Willi Radith Maniley, S.Th  pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan pelatihan akan sangat membantu Jemaat untuk bertumbuh secara Ekonomi.

Pasalnya dengan mengolah bahan bahan lokal yang mudah didapat di lingkungan masyarakat maka bisa menghasilkan pakan ternak dan bahkan lebih hemat sehingga jemaat lebih mudah untuk beternak.

Dirinya berharap agar kegiatan ini terus berkelanjutan sampai semua Jemaat bisa memproduksi pakan sendri.

” Kegiatan ini sangat positif bagi jemaat sehingga saya berharap bisa dilakukan terus menerus agar jemaat nantinya bisa produksi pakan sendiri”,ujar Pendeta Willy

Diakhir penyampaiannya, ia mengungkapkan terima kasih untuk pemateri sekaligus instruktur Jakob Nomnafa dan ketua pemuda yang punya inisiatif untuk kegiatan dimaksud.

Pemateri Jakob Nomnafa dalam paparannya menguraikan bahan bahan Vermentasi pakan ternak terdiri dari batang pisang, dedak padi, gandum cap kepala kuda, garam, gula pasir, air, EM4.

dari hasil Vermentasi pakan ternak babi bisa menghasilkan kurang lebih 100 KG. Bahkan jika ingin produksi lebih banyak bisa menambah volume bahan bahan.

Usai menyampaikan materi Jakob mengaku hidup ini adalah kesempatan karna itu selagi masih ada kesempatan pergunakan dengan baik sehingga berguna bagi sesama.

Dirinya juga berjanji setelah mengajari dan bisa kerja mandiri maka akan diusahkan lagi bibit ternak babi untuk didistribusikan bagi Jemaat.

Ket Foto: Nampak para peserta saat foto bersama.

Ketua Pemuda wilayah Anugrah Mauleum Yon Hauteas kepada SUARA TTS.COM mengatakan bahwa melalui kegiatan pelatihan pakan ternak, pemuda bisa belajar bagaimana cara Vermentasi Pakan Ternak Babi sehingga apabila sudah paham bisa bekerja sendiri.

” Ini cara terbaik bagi pemuda untuk ciptakan lapangan pekerjaan sehingga tidak perlu merantau ke luar daerah”,ujar Yon.

Menurutnya jika para pemuda sudah bisa tau cara membuat pakan ternak maka akan sangat membantu mereka untuk bisa beternak dan tentunya meningkatkan perekonomian rumah tangga.

” Pelatihan sangat bagus karena kalau sudah bisa buat pakan,tidak perlu keluarkan uang untuk beli makanan toko, sangat hemat apalagi bahan lokal mudah diperoleh”,tambah Yon.(**)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.