oleh

Christian Fina Keluhkan Kinerja Panitia Pilkades Fotilo

-Berita-226 Dilihat

Ket Foto : Ilustrasi

Laporan Reporter SUARA TTS .Com

SUARA TTS .COM | SOE- Christian Fina, bakal calon Kepala Desa Fotilo, Kecamatan Amanatun Utara yang gugur pada tahapan perengkingan mengeluhkan kinerja Panitia Pilkades Fotilo.

Dirinya menuding Panitia Pilkades telah melakukan intervensi yang terlalu jauh dan menyalahi regulasi yang mengatur terkait pelaksanaan Pilkades.

Pasalnya, ada bakal calon yang ditetapkan sebagai calon tetap Kepala Desa Fotilo padahal orang tersebut sementara berada di luar Kabupaten TTS. Dirinya mempertanyakan terkait calon tersebut yang tidak menandatangani berita acara penetepan dan menarik nomor urut.

” Bagaimana orang yang tidak hadir saat penetapan dan penarikan nomor urut tapi ditetapkan sebagai calon tetap. Inikan menyalahi regulasi. Sudah begitu dapat nomor urut dua lagi. Ini ada apa sebenarnya dengan panitia Pilkades,” keluhnya.

Dirinya juga mempertanyakan kinerja panitia Pilkades menyusul terhentinya ia di tahapan perengkingan.

Padahal sebelumnya iya sudah memasukan surat pengalaman kerja dari BRI dan juga keterangan dari Lurah yang menjelaskan jika ia pernah menjabat sebagai sekertaris RT dan wakil ketua RW.

” Saya sudah kasih masuk surat pengalaman kerja dari BRI dan Lurah tapi ternyata tidak masuk perengkingan lima besar,” jelasnya.

Wakil Ketua Panitia Pilkades Fotilo, Martinus Tafuli yang dikonfirmasi terkait pengaduan tersebut membenarkan jika satu calon tetap atas nama Hironimus Timo tidak hadir saat penetapan calon tetap dan penarikan nomor urut. Sebelum mengakomudir Hironimus, pihaknya sudah melakukan konsultasi dengan Dinas PMD.

” Kami sudah konsultasi dengan Dinas PMD sebelum mengakomudir Hironimus Timo tersebut,” jelasnya.

Terkait gugurnya Christian Fina, dijelaskan Martinus, Jika sesuai Perbup pengalaman kerja yang dibutuhkan adalah menjabat ketua RT atau ketua RW, bukan Sekertaris atau wakil ketua.

” Sesuai Perbup yang dibutuhkan itu pengalaman kerja sebagai ketua, bukan wakil atau Sekertaris.

Makanya bakal calon Christian Fina hanya dapat point 1 lebih dan menduduki posisi 6 hasil perengkingan,” jelasnya. (DK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.