oleh

Bupati Tahun Beri Sinyal Kades Terpilih Tubuhue dan Fae Sulit Dilantik, ini Alasannya

-Berita, Pemerintahan-1276 Dilihat

Ket. Foto : Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun

Laporan Reporter SUARA TTS. COM, Dion Kota.

SUARA TTS. COM | SOE – Dari 136 kepala desa ( Kades) terpilih hasil Pilkades 2022, Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun baru melakukan pelantikan untuk 127 kades terpilih pada Kamis 11 Agustus 2022. Sementara 9 Kades terpilih lainnya belum dilakukan pelantikan karena pengaduan yang masuk terkait pilkades di 9 desa tersebut belum diselesaikan.

Bupati Tahun yang ditemui usai melantik 127 Kades terpilih di taman rekreasi Bu’at menjelaskan, 9 desa yang belum dilakukan pelantikan karena panitia Kabupaten dan Timwas masih memproses pengaduan yang masuk dari 9 desa tersebut.

Dari 9 desa tersebut, Fae dan Tubuhue merupakan dua desa dengan tingkat pengaduan yang berat. Pasalnya menurut Bupati Tahun, panitia kabupaten menemukan adanya warga desa lain yang memilih di Pilkades Fae. Selain itu, panitia juga menemukan adanya anak di bawah umur yang ikut memilih di Desa Fae.

Sementara persoalan di Pilkades Tubuhue, panitia menemukan adanya selisih antara jumlah pemilih dan surat suara yang digunakan.

“ Dari 9 desa yang belum dilantik, dua desa yang masalahnya berat, yaitu Fae dan Tubuhue. Kalau kesalahannya benar-benar fatal maka tidak bisa dilantik dan akan ikut Pilkades periode berikut,” ungkap Bupati Tahun.

Sementara 7 Desa lainnya lanjut Bupati Tahun, bisa segera dilakukan pelantikan pada Agustus ini usai perayaan HUT RI.

“ kalau yang 7 desa ini tetap akan kita lantik di Agustus ini usai perayaan 17 Agustus,” terangnya.

Disinggung terkait masih adanya pihak yang tidak puas dengan pelaksanaan Pilkades lalu, Bupati Tahun mempersilakan pihak tersebut untuk menempuh jalur hukum.

“ sampai hari ini masih ada pihak yang tidak puas dan melakukan pengaduan. Silakan bagi yang tidak puas, silakan tempuh jalur hukum,” pintanya.

Bupati Tahun menegaskan, pelantikan Kades terpilih urgen untuk dilakukan agar tidak menghambat proses pencairan dana desa tahap II.

“ sebenarnya besok baru agenda pelantikan, tapi saya percepat di hari ini agar tidak mengganggu proses pencairan dana desa tahap II,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Mantan wartawan Victory News, Megi Fobia resmi memimpin Desa Bonleu, Kecamatan Tobu, Kabupaten TTS, usai dilantik Bupati TTS, Egusem Tahun, Kamis 11 Agustus 2022 di taman rekreasi bu’at. Megi dilantik bersama 126 kades lainnya hasil Pilkades serentak tahun 2022.

Kepada SUARA TTS. COM, Megi mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Bonleu yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk memimpin desa yang langsung berbatasan dengan Kabupaten TTU tersebut.

Bersama dengan masyarakat, Megi siap bekerja untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat Desa Bonleu. Bupati TTS Egusem Tahun dalam sambutannya mengingatkan para kepala desa akan sumpah janji jabatan yang telah diucapkan. Jabatan kepala desa merupakan amanah yang diberikan oleh Tuhan dan masyarakat.

Oleh sebab itu, para kepala desa yang dilantik harus melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. (DK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.