oleh

Pemda TTS Dan LAN Buka Kegiatan Laboratorium Inovasi

-Berita-257 Dilihat

Ket Foto. Peserta kegiatan Laboratorium inovasi saat foto bersama

Laporan Reporter SUARA TTS .COM

SUARA TTS.COM | SOE – Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun membuka kegiatan Laboratorium Inovasi,Senin 7 Maret 2022 bertempat di Aula Mutis Kantor Bupati TTS. Laboratorium Inovasi merupakan kerjasama antara Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan Pemda TTS yang mana telah dilakukan penandatanganan MoU pada tanggal 2 Maret lalu di Jakarta.

Hadir pada kesempatan tersebut pejabat LAN  pimpinan OPD TTS.Kegiatan dilakukan selama 3 hari mulai tanggal 7-9 Maret 2022.

Kepala Balitbang TTS, Jack Benu dalam laporannya mengatakan Laboratorium inovasi tahun ini dilaksanakan di 4 lokus daerah, salah satunya Kabupaten TTS Provinsi NTT.

“Ada Kabupaten TTS, Kabupaten Merauke Papua, Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Nias Utara Sumatera Utara,”ujarnya.

Sebagai program prioritas nasional, Jack mengatakan kegiatan Laboratorium inovasi ini dipantau secara nasional oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan/Bappenas dan Kementerian Keuangan.

Kegiatan inovasi tersebut merupakan turunan dari RPJM 2020-2024, yaitu untuk mendukung reformasi pengembangan inovasi di lingkungan pemerintahan birokrasi.

Laboratorium inovasi ini kata Jack sebagai kegiatan yang bertujuan mendorong semua instansi pemerintah agar dapat mengembangkan inovasi melalui peran ASN dengan pembelajaran berpikir secara kritis, kreatif dan

Inovatif yang pada akhirnya diharapkan menghasilkan solusi inovatif terhadap permasalahan yang dihadapi terkait tugas pokok kegiatan pemerintahan terutama dalam mewujudkan visi misi pemerintah daerah.

LAN juga mengundang NGO dan LSM Daerah untuk mendukung kegiatan Labinov 2022 di Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Dengan metodologi yang telah disusun sedemikian rupa dan telah dikembangkan LAN dari tahun 2015 melalui metode 5 D+1 yaitu (Drum Up, Diagnose, Desain, Deliver, dan Display serta Dokumentasi Inovasi), diharapkan metode ini membantu mengakselerasi pengembangan inovasi dengan mudah dan sistematis.

Pelaksanaan kegiatan laboratorium inovasi di Kabupaten Timor Tengah Selatan diawali dengan penandatanganan MoU antara Lembaga Administrasi di Jakarta pada 2 Maret 2022.

Bupati TTS Egusem Pieter Tahun dalam sambutannya mengatakan inovasi daerah sangat penting dan merupakan amanat Undang-Undang No 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah yang artinya sebagai bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

Penandatanganan MoU antara LAN dan Pemda TTS dilakuan di Jakarta pada tanggal 2 Maret 2002 yang lalu.

Dikatakan, pembukaan laboratorium inovasi merupakan tahapan pertama dari empat tahapan. Tahapan selanjutnya adalah Coaching klinik diagnosa, Coaching klinik Desain dan Launching.

Pemda TTS berterima kasih karna LAN yang telah menetapkan TTS pelaksanaan Laboratorium inovasi dan juga sebagai locus daerah program prioritas nasional akselerasi tata kelola dalam pemerintahan dalam rangka meningkatkan daya saing daerah tahun 2022.

“Saya menyambut baik pemilihan TTS sebagai lokasi Pelaksanaan kegiatan semoga dapat meningkatkan daya saing di TTS”, ujarnya.(Red)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.