oleh

Warga Korban Longsor Tiga Desa di TTS Dapat Bantuan Sembako 

-Berita-248 Dilihat

Ket Foto.Nampak penyerahan bantuan kebutuhan dasar bagi warga korban longsor 

Laporan Reporter SUARA TTS.COM,Erik Sanu 

SUARA TTS.COM | SOE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) TTS dan BPBD Provinsi NTT memberikan bantuan kebutuhan dasar bagi para korban bencana longsor di Kabupaten TTS saat dilanda gelombang rosbby beberapa pekan lalu.

“Bantuan kebutuhan dasar sudah disalurkan pada 5 Juli 2022 pekan lalu. Setelah TTS dilanda hujan yang mengakibatkan longsor di Desa Fenun, Belle dan Desa Fatu’ulan,”ujar Kepala BPBD TTS, Yeri Nakamnanu Senin (11/7/2022).

Selain dari Pemkab TTS melalui BPBD TTS, Yeri mengaku pada Jumat (8/7/2022) kemari staf BPBD TTS datangi BPBD Provinsi NTT untuk mengambil lagi bantuan kebutuhan dasar bagi korban bencana longsor di 3 desa tersebut.

Menurutnya, dimasa tanggap darurat ini pihak BPBD tetap memperhatikan para korban longsor, dengan melibatkan semua pimpinan Forkopimda untuk melihat dan menindaklanjuti tanggap darurat bagi korban longsor.

“Kita fokus kebutuhan dasar, karena korban nginap di rumah keluarga, tetapi kebutuhan dasar tanggung jawab pemerintah berupa sembako,”Ujarnya.

Untuk penanganan terhadap para korban dan kejadian bencana alam, Yeri mengaku pihaknya membentuk Posko tanggap darurat yang dipimpin langsung Dandim 1621 TTS yang akan mengatur penanganan pengungsi maupun kebutuhan dan perbaikan.

Sebab, ada beberapa yang laporan susulan dari masyarakat yang masuk setelah kondisi normal. Untuk itu, semua bantuan yang dikirim ke Soe akan didistribusikan ke desa-desa yang laporkan kerusakan selain 3 desa yakni Fenun, Belle dan Fatu’ulan.

”Masih ada korban bencana longsor lainnya yang dilaporkan oleh masyarakat dan pemerintah desa,”Ucapnya.

Terkait penanganan terhadap para korban difokuskan dengan bantuan dasar atau sembako kepada korban yang nginap dengan keluarga.

Khusus untuk bantuan dari BPBD Provinsi NTT, Yeri mengatakan sudah dipersiapkan untuk didistribusikan kepada masyarakat korban bencana longsor.

Bantuan berupa sembako, tikar, selimut, lat mandi, perlengkapan keluarga, perlengkapan bayi, beras dan tambahan gizi akan diserahkan kepada korban longsor yang dibagi menjadi 10 titik.

Bantuan tersebut didistribusikan mulai hari Senin (11/7/2022) yang mana pihaknya berkolaborasi dengan Dinsos, karena sudah jadi bagian dari Komando tanggap darurat yang dikomandani Dandim 1621 TTS sebagai komandan Tanggap darurat. (Tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.