oleh

Belum Ada Kerusakan Tanaman Pertanian Di TTS.

-Berita-119 Dilihat

Ket Foto. Kepala Dinas Pertanian TTS, Otniel Neonane

Laporan Reporter SUARA TTS .COM

SUARA TTS .COM | SOE – Hujan yang terus menerus mengguyur wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) belum mengakibatkan kerusakan lahan maupun tanaman pertanian.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pertanian TTS,Otnial Neonane kepada Suara TTS.com di ruang kerjanya Rabu,12 Januari 2022.

“Sampai saat ini belum ada kerusakan lahan maupun tanaman pertanian akibat hujan.Saya minta teman teman pantau dan masih aman”, ujarnya.

Ia lantas mengatakan terus berkomunikasi dengan staf maupun penyuluh penyuluh dan hingga kini belum ada kerusakan berarti.

Dijelaskan petugas penyuluh diinstruksikan untuk tetap siaga sehingga jika ada kerusakan segera dilaporkan untuk dilakukan penanganan.

“Memang kemarin sempat ada banjir di wilayah selatan namun hanya melewati lahan yang belum ditanam,yang jelas masih aman”, tambahnya.

Sedangkan serangan hama terhadap tanaman,baik jagung dan padi, ia mengaku untuk saat ini masih aman.Memang ada serangan tapi bisa diatasi oleh tenaga penyuluh dan belum melewati ambang batas.

Dikatakan ada serangan hama berupa ulat grayek terhadap tanaman jagung di Amanuban Barat dan Kota Soe tapi petugas pengamat hama dan penyakit langsung atasi.

Ia menjelaskan untuk mengatasi hama ulat grayek setiap tahun menggunakan obat siklon yang stoknya ada di Dinas.

“Masih titik aman, masih bisa diatasi. Kita sudah umumkan kalau ada hama maka harus segera laporkan kepada petugas untuk penanganan “,tandas Kadis Otnial.

Terkhusus tahun ini,ada 167 hektar tanaman padi sedangkan
jagung sebanyak 76.126 hektar.
Lahan pertanian yang sudah ditanam tersebar di kecamatan Amanuban Selatan 50 ha, fatukopa 75 ha, Amanuban Timur 5 Ha, Batuputih 7 Ha,Mollo Tengah 5 Ha, Polen 22 Ha, dan Mollo Utara 3 Ha.

Sementara itu untuk tanam jagung yang ditargetkan Kementrian Pertanian sebesar 75,03 hektare sudah terlampaui. Bahkan di wilayah selatan TTS masih punya potensi untuk tanam jagung lagi

“Untuk target tanam jagung yang ditargetkan oleh Kementerian sudah kita lewati.
Masih ada potensi tanam di kualin dan Amanuban Selatan sebesar 1.436 ha di wilayah Amanuban Selatan dan Kualin pada bulan Febuari nanti”,ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.