oleh

Bansos Tunai Hanya Membuat Masyarakat Bergantung Pada Pemerintah

-Berita-167 Dilihat

Ket. Foto (Detikcom/Lamhot Aritonang) :Gubernur NTT, Viktor Laiskodat

Laporan Reporter SUARA TTS.Com

SUARA TTS. COM | SOE – Gubernur NTT, Viktor Laiskodat mengatakan, Bantuan sosial tunai hanya akan membuat masyarakat miskin terus bergantung pada pemerintah dan melahirkan budaya malas. Oleh sebab itu, Pemerintah Propinsi NTT telah menyiapkan desain untuk menuntaskan kemiskinan di Propinsi NTT dengan memaksimalkan potensi di sektor Pertanian, Peternakan dan Perikanan.

” Angka kemiskinan di NTT akan turun dengan cepat jika kita memaksimalkan sektor pertanian, peternakan dan perikanan. Ini yang menjadi desain kita dalam menuntaskan kemiskinan di Propinsi NTT. Kita akan melakukan program pemberdayaan masyarakat di tiga sektor tersebut,” ungkap Viktor dalam rapat virtual penanggulangan kemiskinan ekstrim bersama menteri dalam negeri, menteri sosial, para gubernur dan Bupati dari tujuh propinsi yang masuk kategori kemiskinan ekstrim, Rabu 3 November 2021 seperti yang dilansir dari Kompas TV Kupang.

Selama ini dikatakan, Gubernur Viktor, pemanfaatan Bansos Tunai oleh masyarakat belum sesuai dengan harapan pemerintah.

” Karena mereka (masyarakat) merasa uang bantuan itu merupakan uangnya, banyak dari mereka yang menggunakan uang bantuan tunai itu tidak sesuai yang diharapkan pemerintah,” jelas Viktor.

Oleh sebab itu, Pemprov NTT mendesain program pengentasan kemiskinan yang tidak memanjakan masyarakat. Pemerintah akan melihat apakah penerima bantuan memiliki lahan untuk dikelola atau tidak. Pemerintah akan mendampingi masyarakat agar lahan tersebut dikelola secara baik untuk kehidupan masyarakat secara berkelanjutan sehingga bisa keluar dari kemiskinan.

Terpisah Ketua DPRD TTS, Marcu Mbau mendukung langkah Gubernur NTT, Viktor Laiskodat yang lebih memilih program pemberdayaan dari pada bantuan sosial tunai dalam upaya pengentasan kemiskinan di Propinsi NTT. Menurutnya, NTT memiliki potensi baik di sektor pertanian, peternakan, perikanan yang jika dikelola dan dimanfaatkan secara baik bisa membantu masyarakat keluar dari kategori kemiskinan.

” Masih banyak potensi kita yang belum kita kelola secara baik untuk bisa keluar dari kategori kemiskinan. Oleh sebab itu, program pemberdayaan masyarakat sangat tepat untuk membantu masyarakat keluar dari kategori miskin. Pemerintah bisa mendampingi, memfasilitasi dan membantu masyarakat dalam mengelola potensi yang ada sehingga ekonomi masyarakat bisa meningkat yang bermuara pada pengentasan kemiskinan,” sebutnya. (DK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.