oleh

Banjir Bena Mulai Surut

-Berita-289 Dilihat
Ket Foto. Nampak Kondisi Ruas Jalan di Bena, Amanuban Selatan 

Laporan Reporter SUARA TTS.COM

SUARA TTS. COM | SOE – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten TTS, Yery Nakamnanu mengatakan, akibat intensitas hujan yang tinggi daerah Bena, Amanuban Selatan, sempat dilanda banjir.

Air tidak hanya menggenangi badan jalan dan area pertanian masyarakat saja tetapi juga merendam beberapa rumah warga. Namum seiring dengan curah hujan yang mulai turun, genangan air pun mulai surut.

” Daerah Bena selama ini memang wilayah genangan air. Dan kemarin karena intensitas curah hujannya tinggi sehingga terjadi genangan air yang cukup tinggi. Namun saat ini air sudah mulai surut,” ungkap Yeri kepada SUARA TTS.COM, Kamis 24 Februari 2022.

Ket Foto. Kepala BPBD TTS, Yeri Nakamnanu.

Kendati sempat merendamkan beberapa rumah warga dikatakan Yeri, hingga saat ini belum ada laporan bencana dari pemerintah desa setempat.

Untuk memantau kondisi air di kali Noelmina, BPBD telah membentuk relawan sadar bencana yang bertempat di Desa Oebobo dan Desa Bena.

Hal ini dimaksudkan jika debit air di kali Noelmina naik secara signifikan, maka informasi tersebut bisa segera disampaikan ke Posko sadar bencana Desa Bena sehingga relawan bisa memperingatkan masyarakat agar waspada.

” Dusun Toenunu yang tahun kemarin terkena bencana banjir paling parah, tahun ini masih aman. Kita sudah ada tim relawan untuk memberikan peringatan dini jika sewaktu-waktu ada bencana,” terangnya.

Jika sewaktu-waktu terjadi banjir lanjut Yery, BPBD telah siap untuk melakukan penanganan. Mulai dari prasarana hingga personil telah stand by 1 kali 24 jam.

Selain itu, BPBD juga telah melakukan koordinasi lintas sektor guna melakukan penanganan jika sewaktu-waktu terjadi banjir.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada. Pasalnya sesuai prakiraan cuaca dari BMKG, hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi masih akan turun hingga 26 February mendatang.

” Kita siap 1 kali 24 jam jika sewaktu-waktu terjadi banjir. Kepada masyarakat di daerah rawan banjir dan longsor kita himbau untuk tetap waspada,” imbau pria berkaca mata ini. (DK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 komentar

  1. Kasian di bena ini tiap tahun banjir….dan masyarkat Ju ada yg kerja rumah di sana dan terendam banjir…hmmm ketika pemerintah tahu dan melihat keadaan mereka apa tanggapan mereka…