oleh

Atasi Masalah Infrastruktur di TTS, Gubernur Laiskodat Kembali Ajak Bupati Tahun Pinjam Ke Bank NTT

Ket. Foto: Gubernur NTT, Viktor Laiskodat

Laporan Reporter SUARA TTS.COM

SUARA TTS. COM | SOE – Gubernur NTT, Viktor Laiskodat kembali mengajak Bupati TTS, Egusem Piether Tahun untuk melakukan pinjaman kepada pihak ketiga (Bank NTT) guna menyelesaikan persoalan pembangunan infrastruktur di Kabupaten TTS. Dirinya menyebut, akan sangat sulit jika hanya mengandalkan APBD untuk menyelesaikan persoalan pembangunan infrastruktur dan air bersih.

Bupati TTS kalau bisa pinjam di bank NTT untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur dan air bersih. Sekarang ini tidak perlu lagi sampai ke kementerian. Hanya laporan saja. Kecuali defisit melampaui 5 persen. Kalau defisitnya 5 persen ke bawah tidak perlu menunggu persetujuan, bisa langsung dengan DPRD saja. Kita ada desainnya, jadi nanti bupati dan DPRD kita duduk bersama dulu,” ajak Gubernur Laiskodat dalam Dialog yang berlangsung di Desa Bonleu, Senin 25 April 2022.

Dirinya meminta Bupati untuk tidak perlu takut melakukan pinjaman. Pinjaman tersebut merupakan pinjaman daerah yang tidak mengikat pribadi. Sehingga jika masa jabatan selesai, pinjaman tersebut akan tetap menjadi pinjam daerah.

Dengan APBD TTS yang mencapai 1,6 Triliun, Pemda TTS bisa melakukan pinjaman hingga 300 Miliar.

” Bupati di daratan Flores itu hampir semua sudah pinjam untuk menyelesaikan persoalan pembangunan infrastruktur dan air bersih. Ada yang pinjam 150 Miliar, ada yang 200 Miliar ada yang 250 Miliar. Tapi Bupati di Timor ini, belum ada satu juga. Nanti kalau saya omong saya salah lagi. Jangan takut pinjam, itu pinjaman daerah, tidak mengikat pribadi. Jadi jangan takut bilang habis masa jabatan orang kejar-kejar. Kalau APBD TTS 1,6 Triliun itu bisa pinjam sampai 300 Miliar itu,” ujar Viktor.

Untuk diketahui, ajakan untuk melakukan pinjaman kepada pihak ketiga oleh Gubernur Laiskodat sendiri sudah didengungkan sejak tahun 2020 lalu. Pemda TTS juga sudah melihat regulasi dan kajian sejak tahun 2020 silam. Namun hingga kini, Pemda TTS urung melakukan pinjaman pihak ketiga.

Padahal, Ketua DPRD TTS, Marcu Mbau menegaskan, pihaknya mendukung inisiatif dari Pemda TTS untuk melakukan percepatan pembangunan dengan melakukan peminjaman ke pihak ketiga.

Pasalnya jika hanya menggandalkan APBD untuk membangun Kabupaten TTS yang memiliki wilayah yang sangat luas dengan topografi berbukit-bukit, hal itu akan sulit dilakukan dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

” Kita dukung jika memang dari Pemda TTS ingin mengikuti langkah yang sudah diambil Pemprov NTT dengan mengambil pinjaman ke pihak ketiga guna melakukan percepatan pembangunan. Asalkan, dihitung secara baik kebutuhannya berapa, kemampuan daerah berapa dan cermati regulasinya sebaik,” ungkap Marcu kepada, Senin (7/6/2021) lalu. (DK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.