oleh

Aparat Polsek Mollo Utara Amankan Pick Up Pengangkut Akar Angin Ilegal.

-Berita, Hukrim-554 Dilihat

Ket Foto. Nampak Barang Bukti (Akar angin) dalam karung.

Laporan Reporter SUARA TTS.COM

SUARA TTS.COM | SOE – Aparat Polsek Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) mengamankan satu unit mobil pick up bermuatan 29 karung berisi Akar Angin tanpa ijin (Ilegal), Senin 28 Maret 2022 pukul 01.00 WITA.

Akar angin merupakan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang diambil dari kawasan hutan lindung Fatumnasi itu diperkirakan berjumlah kurang lebih 500 kilo gram.

Setelah ditelusuri, barang tersebut adalah milik Petrus Riwu yang adalah warga desa Ajobaki, Kecamatan Mollo Utara.

Saat ditemui di Polsek, Petrus mengaku sudah dua tahun menjual akar angin. Barang tersebut diperoleh dengan membeli dari masyarakat pengumpul untuk selanjutnya di jual/diantar  ke gudang NCL Osmok, Kupang.

Ia mengaku setiap minggu dirinya membawa rata rata setengah ton ke Kupang. Barang dibawa menggunakan mobil pick up yang ia sewa setiap kali jalan.

“Tiap Minggu saya bawa keluar akar angin, saya beli dari masyarakat Fatumnasi dan jual lagi ke Kupang”, ujarnya.

Ketika ditanya soal ijin, Petrus menyodorkan sebuah surat keterangan angkut yang dikeluarkan oleh kepala desa Kuanoel, Padahal akar angin diambil dari Fatumnasi.

Anehnya lagi, surat keterangan tersebut tanpa tanggal dan jumlah barang yang diangkut. Surat keterangan angkut dikeluarkan oleh Kepala Desa Kuanoel berdasarkan anjuran oknum polisi hutan Yos Banfatin. Tak hanya Petrus sendiri yang berbisnis Akar angin, Petrus mengaku ada teman lainnya bernama Lexi Banu , Meki Olin dan ibu Dera.

Sementara itu sopir Pick Up,Jonrid Sunbanu saat diwawancarai mengaku baru mengangkut akar angin milik Petrus sejak bulan Febuari yang lalu.

“Mobil saya disewa setiap kali mengangkut barang yang dibawa ke Kupang. Tiap kali jalan dibayar 500 ribu.”,ujarnya.

Kapolsek Mollo Utara , IPTU Pande Made Wardika kepada SUARA TTS.COM membenarkan penangkapan barang ilegal oleh anggota dan barang bukti sudah diamankan.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Kehutanan untuk menyerahkan barang bukti  karna hal tersebut merupakan kewenangan UPT kehutanan.

Untuk diketahui, Akar angin merupakan tanaman yang termasuk dalam family usneaceae. Hidup dengan ketinggian di atas 1000 mdpl, akar angin biasanya hidup menempel pada pohon inang namun tidak merugikan. Hidup akar angin yang menempel pada tumbuhan induk smangnya tapi tidak mengambil makanannya darinya juga disebut dengan epifit. Akar angin banyak menempel pada pohon ampupu di kawasan hutan lindung Fatumnasi.

Ket Foto. Akar angin yang diamankan.

Kandungan Akar Angin

Mengapa akar angin dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal? Hal ini dikarenakan terdapat kandungan zat yang berguna untuk tubuh. Diantara kandungan kimia yang terdapat dalam akar angin antara lain asam usnin, asam babatolat, asam usnetin, asam barbatin. Selain itu, akar angin juga memiliki kandungan seperti vitamin C, likuin, hidrat arang dan zat pahit.

Manfaat akar angin : 

1. Membantu mengatasi bakteri dan kuman di tubuh

2. Membantu mencegah serangan virus

3. Membantu mengatasi pegal dan linu

4. Baik untuk saluran kemih

5. Sebagai obat infeksi saluran pernafasan

6. Membantu mencegah batu ginjal

7. Membantu menyembuhkan diare

8. Membantu mengatasi penyakit disentri

9. Membantu mengatasi penyakit TBC

10. Membantu menyembuhkan bisul.

11. Membantu mengatasi jamur pada kulit

12. Membantu menyembuhkan gejala meriang

13. Membantu mengobati sariawan

14. Membantu mengatasi masuk angin.

15. Dapat digunakan sebagai batuh herbal alami. (Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.