oleh

Tahun 2022, Alokasi Dana Infrastruktur di TTS Menurun

-Berita-272 Dilihat

Ket Foto. Nampak Jajaran Dinas PUPR Kabupaten Timor Tengah Selatan pose bersama usai upacara HUT ke 76.

 

Laporan Reporter SUARA TTS.com

SUARA TTS.COM | SOE – Upacara peringatan Hari Bakti PU ke-76 tingkat Kabupaten TTS dilaksanakan pada Jumat (03/12/2021) pagi di halaman SD Inpres Oepula, Desa Nifukani, Kecamatan Amanuban Barat.Hadir pada kesempatan tersebut adalah Forkopimda Kabupaten TTS

Kepala Dinas PUPR TTS, Martelens Liu kepada wartawan usai upacara mengatakan, Dana pembangunan infrastruktur di Kabupaten TTS bakal mengalami penurunan di tahun 2022 mendatang.

Hal ini berkaitan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir. Ini tentu menjadi tantangan bagi Kementerian PUPR untuk tetap berupaya mengejar proses pembangunan demi meningkatkan nilai sosial bagi ekonomi bangsa.

Pada tahun 2021 dana untuk Dinas PUPR senilai Rp 94 Miliar lebih. Namun pada  tahun 2022 mendatang anggaran yang  dialokasikan baik Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun Dana Alokasi Umum (DAU) hanya senilai Rp 46 Miliar lebih.

Dari total dana yang dikelola Dinas PUPR TTS pada tahun 2021, khusus untuk pembangunan infrastruktur yakni pembangunan jalan, irigasi, perpipaan, jembatan dan sebagainya senilai Rp. 75,5 Miliar.

Dana ini juga termasuk di dalamnya adalah anggaran belanja peralatan dan mesin serta rehab gedung-gedung pemerintahan.

Realisasi secara keseluruhan senilai Rp 83. 509. 145.705 atau 88,29 persen, khusus untuk dana pihak ketiga sudah dicairkan 100 persen. Saat ini yang tersisa hanya pemeliharaan saja.

Menurut Liu, anggaran tahun 2022, khusus DAK bersumber dari tiga mata anggaran yakni DAK Reguler, DAK penugasan dan dana transportasi pedesaan. Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan ruas jalan Nausus-Lilana, Pope-Kuanfatu, Oenlasi-Menu.

Khusus untuk DAK transportasi pedesaan akan digunakan untuk pembangunan ruas jalan di Kecamatan Mollo Barat yakni Lilana-Fetomone, Hoineno – Nunkolo dan Pope-Kuanfatu.

” Ini sudah ada perencanaan sehingga kita sisa melaksanakannya di tahun 2022 nanti,” jelasnya.

Sementara pada HUT PUPR ke-76 di tahun 2021 ini, Dinas PUPR melaksanakan berbagai kegiatan yaitu pembangunan jalan baru dan juga pemeliharaan jalan dengan total anggaran Rp 350 juta lebih.Sebagian telah dikerjakan dan sebagiannya lagi sementara dalam pengerjaan.

“Kami berterima kasih kepada seluruh stakeholder, yang udah ikut membantu kami dalam melaksanakan program kegiatan PUPR,” tandasnya.(Sys)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.